:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Selasa, 21 Agustus 2012

Patung-patung Mengagumkan di Kota Solo

Saat kita berkunjung ke sebuah kota manapun, sering kita temui beberapa patung yang indah menghiasi setiap sudut jalanan. Entah itu Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, maupun kota-kota lainnya, karya seni manusia ini selalu nampak menonjol diantara bangunan lainnya. Biasanya patung di kota-kota tersebut dibuat sebagai ikon kota, monumen, maupun filosofi tertentu.

Patung-patung indah ini kerap dijadikan sebagai obyek maupun latar belakang saat kita ingin berfoto-foto ria bersama kawan maupun keluarga. Jadi mereka yang melihat foto kita pun mungkin ada yang tahu dimana foto tersebut diambil. Disini saya akan menyebutkan beberapa patung-patung indah di Kota Solo yang mungkin bisa anda jadikan referensi tempat foto-foto anda bersama teman-teman.

1. Vila Patung Semar


Sengaja saya tempatkan pada urutan pertama, karena dari sekian patung yang terdapat di penjuru Solo Raya, patung inilah yang paling mengagumkan. Vila Patung Semar ini merupakan sebuah vila berbentuk patung semar yang terletak di Kecamatan Karangpandan, berdiri megah diatas lahan yang lumayan luas, dan dikelilingi hamparan sawah pedesaan yang hijau. Meskipun vila ini telah lama tidak beroperasi, namun kita masih bisa bebas masuk ke dalam kawasan ini.

2. Monumen Brigjend Slamet Riyadi


Monumen ini terletak di ujung Jalan Slamet Riyadi yang merupakan jalan protokol utama di Kota Solo. Terletak di pusat kota dekat dengan kilometer 0 Kota Solo menjadikan monumen ini sebagai ikon utama Kota Solo.

3. Patung Pandawa Lima


Satu lagi karya seni yang mengagumkan dapat kita temui di kawasan kota satelit Solo Baru. Solo Baru merupakan kawasan perumahan elit yang banyak dihiasi oleh petung-patung nan apik. Beberapa patung disini sengaja didatangkan dari Bali dengan detail yang menarik, seperti Patung Pandawa Lima, Gatotkaca, maupun Jathayu.

4. Patung Prabu Krisna


Di Solo Baru juga terdapat arena water boom dengan nuansa wayang yang kental. Disini dapat kita jumpai patung-patung beberapa tokoh pewayangan, dan yang berdiri paling besar adalah wajah Prabu Krisna yang bahkan bisa kita lihat dari kejauhan.

5. Patung Manahan


Di sekitar kawasan Stadion Manahan kita bisa menjumpai 3 patung dengan letak yang terpisah. Dua dari petung tersebut terletak di luar kompleks stadion berupa patung pemanah dan patung pembawa obor. Sedangkan di dalam kompleks stadion akan kita temui patung berupa sepasang tokoh wayang sedang memanah tepat di depan pintu masuk stadion.


6. Monumen Banjarsari


Mungkin ada yang sudah pernah mendengar monumen yang satu ini. Monumen ini kerap dibicarakan di media massa ketika Wali Kota Solo memindahkan ratusan PKL tanpa kekerasan dan menjadikan kawasan ini menjadi lebih bersih lagi.

7. Patung Taman Balekambang


Di Taman Balekambang terdapat dua patung perempuan yang merupakan anak dari raja Mangkunegaran. Salah satunya terletak di kolam air mancur, dan satunya lagi ditengah-tengah kolam besar. Patung ini muncul juga dalam iklan salah satu obat masuk angin beberapa waktu lalu.

8. Monumen Mayor Achmadi


Monumen yang belum lama dibangun di Kota Solo. Kerap dijadikan sebagai tujuan edukasi beberapa siswa sekolah dasar. Dikelilingi oleh relief yang menggambarkan perjuangan Mayor Achmadi.


9. Arca Dewi Saraswati


Arca ini terletak di kompleks Candi Cetho di Kecamatan Ngargoyoso. Terdapat di belakang bangunan candi, arca ini masih digunakan oleh umat Hindu untuk ritual keagamaan. Merupakan hadiah dari pemerintah Bali, arca ini sengaja ditempatkan untuk menambah daya tarik Candi Cetho. - Chez-space.blogspot.com

Share artikel ini:

Reaksi:

2 komentar:

  1. hmmm belum pernah ke solo nie,thanks bget atas infonya. ni aja baru tahu tuh patung2,skalian titip salam buat joko widodo ya xixi

    BalasHapus
  2. mas, itu yang patung jathayu ada di depan waterboom pandawa ya? kok saya belum pernah lihat... wah jadi kangen solo...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."