:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Thursday, August 9, 2012

Candi Cetho, Bagai Negeri Diatas Awan


Candi Cetho merupakan candi peninggalan kerajaan hindu yang terletak di lereng Gunung Lawu. Candi ini terletak di ketinggian yang bisa dikatakan sebagai tempat yang tersembunyi. Perjalanan saya ke tempat ini banyak diselimuti oleh kabut tebal di sepanjang jalan sempit menuju lokasi candi. Jalanan yang menanjak seakan mempersulit perjalanan dan membuat saya semakin penasaran dengan candi yang satu ini. Yang menarik, dalam perjalanan menuju Candi Cetho kita akan melewati perkebunan teh dengan pemandangan yang sangat indah, bahkan lebih indah dari yang ada di Puncak, Bogor.

Candi Cetho ditemukan saat masa pemerintahan Presiden Soeharto, banyak pemugaran dilakukan pada candi ini, sangat disayangkan beberapa renovasi pada candi justru terlalu merubah kondisi candi dari semula ditemukannya. Namun beberapa bangunan unik masih tetap dipertahankan, seperti susunan batu yang menggambarkan simbol lingga dan yoni yang juga terdapat di Candi Sukuh. Bedanya, pada Candi Cetho susunan batu ini tergeletak diatas sebuah tanah lapang, dan akan terlihat dengan sempurna jika dilihat dari atas. Candi ini juga pernah mendapatkan sumbangan berupa Arca Dewi Saraswati dari Bali yang kemudian diletakkan di area belakang candi.

Saat perayaan hari raya agama hindu, banyak umat hindu yang datang mengunjungi candi yang satu ini. Bahkan saat saya ke Bali beberapa waktu lalu, orang-orang disana sudah tidak asing dengan candi yang satu ini. Berbeda dengan Candi Sukuh yang minim aktivitas, banyak umat hindu melakukan berbagai ritual keagamaan di Candi ini. Di dekat Arca Dewi saraswati juga terdapat sebuah sendang atau pemandian, dan tidak jauh dari situ bisa kita temukan Candi Kethek (monyet) yang disusun dari batu dan menyerupai punden berundak.

Untuk mencapai Candi Cetho, kita bisa memulai perjalanan dari Kota Solo menuju arah Tawangmangu, sampai di Kecamatan karanpandan kita mengambil arah kiri menuju Kecamatan Ngargoyoso. Saya sarankan menaiki motor, karena jalan menuju lokasi wisata terbilang sempit. HTM ke kawasan ini Rp 2.500,-.

- Chez-space.blogspot.com
Share artikel ini:

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."