:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Thursday, August 23, 2012

Bernostalgia di Kota Tua Jakarta


Sebenarnya di Kota Jakarta ada sesuatu yang menarik. Benar, ini adalah suatu hal yang sangat menarik untuk saya. Jujur saja, saya tidak begitu menyukai Kota Jakarta dengan segala ciri khasnya, seperti macet, banjir, polusi, kumuh dan yang lainnya. Namun dibalik potret kota yang amburadul tersebut, ada sebuah kenyamanan tersembunyi. Bukan sekedar kenyamanan, tapi kenyamanan dan keindahan nostalgia bisa kita temukan disini, di kawasan Kota Tua Jakarta.

Jakarta sebenarnya banyak menyimpan keindahan yang tersembunyi, namun yang banyak terekspos justru segala keburukan tentang kota ini. Kalau menurut saya sendiri, sebenarnya Kota Jakarta tidak akan kalah dengan New York maupun Geneva bila semua masyarakat disini peduli akan lingkungan yang bersih dan senantiasa merawat bangunan bersejarah seperti yang satu ini. Memang bagus, hanya saja sayang, masih terlihat kumuh di beberapa bagian.

Kota Tua Jakarta, juga dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia), adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta, Indonesia. Wilayah khusus ini memiliki luas 1,3 kilometer persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari dan Roa Malaka). Dijuluki "Permata Asia" dan "Ratu dari Timur" pada abad ke-16 oleh pelayar Eropa, Jakarta Lama dianggap sebagai pusat perdagangan untuk benua Asia karena lokasinya yang strategis dan sumber daya melimpah.

Beberapa keindahan yang ditawarkan kawasan Kota Tua Jakarta seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Kantor Pos, Toko Merah, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan masih banyak lagi, yang pasti semuanya adalah bangunan peninggalan kolonial yang sangat terasa begitu klasik, namun indah. Yang pasti, Kota Tua ini menunjukkan bahwa sebenarnya Jakarta mempunyai tempat wisata yang sangat menarik dan patut untuk dibanggakan. - Chez-space.blogspot.com

Share artikel ini:

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."