:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sunday, August 12, 2012

Kemegahan 7 Puncak Dunia

Kali ini saya akan membahas tentang 7 puncak dunia atau yang diluar negeri sana dikenal dengan sebutan The Seven Summits of the World. Perlu diingat, pemberian gelar 7 puncak dunia ini bukanlah untuk 7 puncak gunung/pegunungan yang tertinggi urut dari nomor 1-7, melainkan puncak tertinggi dari tujuh benua di dunia. Benua Asia dengan puncak Everest (8.848 m), Afrika dengan puncak Kilimanjaro (5.895 m), Amerika Selatan dengan puncak Aconcagua (6.962 m), Eropa dengan puncak Elbrus (5.642 m), Amerika Utara dengan puncak Denali (6.194 m), Oceania dengan puncak Cartensz Pyramid ( 4.884 m), dan Antartika dengan puncak Vinson Massif (4.897 m).

1. Puncak Everest - Asia

sumber gambar : 3.bp.blogspot.com

Siapa yang tak kenal dengan puncak yang satu ini? Puncak tertinggi di daratan Asia sekaligus merupakan yang tertinggi di dunia ini terletak pada ketinggian 8.848 m, menjulang tinggi diantara puncak pegunungan Himalaya lainnya. Pegunungan ini berdiri di perbatasan negara antara China, India, dan Nepal, Sementara untuk puncak tertinggi yaitu Everest berada dalam kawasan Nepal.

Holiday disini?
Selain menikmati pemandangan khas dari puncak tertinggi di dunia, kita bisa berwisata ke sebuah kerajaan di pegunungan Himalaya yang sudah sangat terkenal, Bhutan. Bhutan dianggap layaknya sebuah surga dunia bagi para selebriti dunia maupun para wisatawan kelas atas. Karena itu, jangan tanya berapa biaya untuk bisa masuk ke kawasan ini. Untuk tahun ini kita setidaknya harus merogoh kocek 250 dollar AS (sekitar Rp 2,1 juta)/hari. Dan itu merupakan harga paket biro perjalanan yang paling murah.


2. Puncak Kilimanjaro - Afrika

 sumber gambar : inrichmint.org

Puncak yang satu ini merupakan nama sebuah gunung yang berdiri paling megah di benua Afrika. Gunung Kilimanjaro terletak di Tanzania, banyak yang tidak tahu bahwa gunung ini sebenarnya merupakan gunung yang berdiri bebas (bukan puncak dari pegunungan) yang paling tinggi di dunia, dengan ketinggian 5.895 m. Kilimanjaro merupakan gunung api strato raksasa yang telah non aktif, namun masih mengeluarkan fumarol berupa gas dari kawahnya.

Holiday disini?
Banyak sekali pilihan wisata disini. Kita bisa pergi ke puncak Kibo, atau ke Taman Nasional Gunung Kilimanjaro, menara observasi Amboseli, Tur jalan kaki di Arusha, dan masih banyak lagi pilihan lainnya. Tentu saja dengan suasana Afrika yang gersang namun indah.

3. Puncak Elbrus - Eropa

 sumber gambar : touchthetop.com
Gunung Elbrus merupakan gunung terbesar di negara Rusia, letak gunung ini berada dekat dengan perbatasan antara Rusia dan Georgia. Gunung es setinggi 5.642 m ini pernah didaki oleh seorang tunadaksa dari Indonesia bernama Sabar Gorky.

Holiday disini?
Berwisata ke Elbrus adalah dengan mengunjungi Elbrus Village. Akomodasi bisa melalui Snezhniy Bars Cheget atau Sky Elbrus Hotel.

4. Puncak Denali - Amerika Utara

  sumber gambar : ayashbasu.com


Bagi yang kurang familiar dengan nama puncak yang satu ini, puncak ini juga dikenal dengan sebutan Mount McKinley. Gunung setinggi 6.194 m ini terletak di negara bagian Alaska yang sebagian besar daratannya merupakan daerah tertutup salju abadi.

Holiday disini?
Sama seperti Kilimanjaro, di puncak Denali ini kita bisa menemukan taman nasional, namun bedanya pemandangan disini akan diselimuti dengan udara dingin khas Alaska. Menikmati hijaunya taman nasional atau mendirikan tenda di dataran penuh salju bisa menjadi pilihan disini, tidak jauh dari gunung ini kita juga bisa menemui Wonder Lake.

5. Puncak Aconcagua - Amerika Selatan

 sumber gambar : static.panoramio.com

Puncak setinggi 6.962 m ini terletak di dekat perbatasan antara Argentina dan Chili di Amerika Selatan. Banyak yang merasa tertantang untuk mendaki puncak satu ini karena medan yang bisa dibilang paling mudah diantara Seven Summits. Matthias Zurbriggen merupakan orang pertama yang berhasil menaklukkan puncak ini pada tahun 1897.

Holiday disini?
Tak perlu mencari alternatif wisata lain, karena saat sampai di puncak kita akan disuguhi pemandangan Argentina yang katanya sangat menakjubkan. Namun bila ingin mengunjungi tempat menarik lainnya, Iguazu Falls adalah pilihan yang tepat. Sebuah air terjun raksasa yang sangat indah.

6. Puncak Carstensz Pyramid - Oceania

 sumber gambar : nomountaintoohigh.com

Carstensz Pyramid adalah salah satu puncak pegunungan Jayawijaya di Indonesia dan merupakan puncak tertinggi di Oceania dan Australia dengan ketinggian 4.884 m. Puncak ini merupakan satu-satunya kawasan yang tertutup salju di negara ini. Yang unik adalah bahwa ditemukannya beberapa fosil karang dan binatang laut di pegunungan tinggi ini, sebuah bukti bahwa dulunya pegunungan ini pernah berada di dasar laut, dan muncul seiring terbentuknya benua Australia. Akibat dari pemanasan global akhir-akhir ini, kemungkinan lapisan salju pada gunung ini tidak akan bertahan lama.

Holiday disini?
Banyak hal menarik yang bisa kita temui di pulau Papua ini. Berkunjung ke Lembah Baliem, Kepulauan Raja Ampat, Danau Sentani, maupun berburu melihat keanggunan burung Cendrawasih bisa menjadi pilihan wisata yang takkan terlupakan.

7. Puncak Vinson Massif - Antartika

 sumber gambar : mountainguides.com

Di benua yang seluruh permukaannya tertutup es seperti Antartika ini, kita masih bisa menemukan puncak tertinggi. Vinson Massif setinggi 4.897 m adalah puncak pelengkap dari tujuh puncak dunia yang ditemukan bahkan di kutub bumi sekalipun.

Holiday disini?
Tidak banyak pilihan wisata disini selain menikmati pemandangan Antartika dan melihat kawanan binatang salju yang kebetulan terlihat. Namun bukankah ke Antartika sendiri merupakan sebuah petualangan yang jarang dialami oleh banyak orang? - Chez-space.blogspot.com

Share artikel ini:

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."