:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Wednesday, July 18, 2012

Peninggalan Berharga Jokowi untuk Solo

Sebagai Wali Kota Surakarta atau Solo dan telah memimpin selama (hampir) 2 periode, Jokowi telah berhasil melakukan pembangunan yang berarti di Kota Bengawan. Saya lebih suka menyebut ini dengan jejak peninggalan Jokowi di Kota Solo. Ir. Joko Widodo (Jokowi) telah dikenal di seluruh Indonesia karena kesederhanaanya, keberaniannya, dan sifat-sifat super lain yang melekat pada nama Jokowi. Namun disini saya hanya akan membahas tentang pembangunan yang telah dilakukan Pemkot Solo selama 2 periode Jokowi di Solo.

Kebanyakan dari pembangunan pada masa Jokowi ini mengedepankan pada fasilitas massal, sektor ekonomi di perdagangan, maupun pendidikan dan kesehatan. Gambar-gambar berikut merupakan hasil pembangunan di Kota Solo pada masa pemerintahan Jokowi.

Jalur lambat sebelah kanan di sepanjang Jl. Slamet Riyadi diubah menjadi City Walk, sebuah Pedestrian way yang teduh, dipenuhi taman dan pohon-pohon besar, dihias dengan motif batik.

PKL yang sebelumnya betebaran di jalanan diberikan tempat khusus sebagai pusat kuliner malam di Solo. Gladag Langen Bogan atau Galabo ini buka mulai sore hingga tengah malam dengan menutup jalan satu arah menuju perempatan Sangkrah..

Ngarsopuro, sebuah kawasan yang artistik. Dihiasi lampu sangkar burung, patung-patung, topeng-topeng dan lukisan yang cantik, dan lagi pasar malam yang diadakan setiap akhir pekan. Dulunya kawasan ini merupakan kawasan kumuh dan tidak tertata dengan baik.

Pasar Windujenar merupakan Pasar Triwindu dengan format baru. Berpindah lokasi di kawasan Ngarsopuro membuatnya menjadi semakin kental dengan nuansa seni. Pasar ini hanya menjual barang antik, kebanyakan pembeli di pasar ini adalah turis-turis asing.

Para PKL yang dulunya menempati Monumen Banjarsari dan membuat daerah itu menjadi semrawut dan berantakan dipindahkan ke Pasar Notoharjo, khusus menjual peralatan motor, sepatu, dan barang-barang second.

Monumen Banjarsari setelah pemindahan PKL (bersih kan?).

Monumen baru Mayjen Achmadi yang baru selesai dibangun.

Monumen Brigjend Slamet Riyadi di pusat Kota Solo.

Revitalisasi Pasar Gading.

Revitalisasi Pasar Kleco.

Revitalisasi Pasar Kembang.

Pembangunan Pasar Pucang Sawit.

Pembangunan Pasar Panggungrejo.


Pembangunan Pasar Ikan dan Pasar Ikan Hias.

Taman Balekambang yang dulunya terlantar, tidak terawat, dan bahkan isu-isunya menjadi sarang dedemit dipugar kembali dengan menambahkan bangku taman, rusa-rusa liar, dan fasilitas hotspot. Ditambah lagi dibangun Taman Reptil di kawasan ini.

Taman Reptil Balekambang.



Pembangunan taman di sekitar Terminal Tirtonadi, dan masterplan bangunan Terminal yang baru yang akan memiliki fasilitas setaraf bandar udara.

Tanah gundukan sampah dipinggiran Sungai Kalianyar disulap menjadi Taman Sekartaji memanjang di seanjang sungai tersebut.

Dibuat sebuah ruang apik dengan memanfaatkan halaman city walk dan pintu masuk ke Taman Sriwedari dengan nama Plasa Sriwedari.

Batik Solo Trans.

Sepur Kluthuk Jaladara.

Bus Tingkat Werkudara.

Railbus Batara Kresna.

Solo Techno Park.

Pembangunan RSUD Surakarta.

Renovasi Stasiun Purwosari.

Dan masih banyak lagi lainnya. :)

Share artikel ini:

Reactions:

12 comments:

  1. kalau yang begini gak dipilih, harus pemimpin yang seperti apa lagi?

    ReplyDelete
  2. serahkan saja pada ahlinya..

    ReplyDelete
  3. Maaf mas mohon ijin... blog'nya saya copas ke kaskus, ini threadnya http://www.kaskus.co.id/showthread.php?p=727253785
    terima kasih.

    ReplyDelete
  4. artikel yg bagus nih..
    mantap sob..
    bermanfaat sekali..


    #Salam Silaturahmi

    ReplyDelete
  5. Habat!!! Solo sekarang sangat berbeda dgn Solo 10 thn lalu...sy ingat bbrp tempat, benar2 berbeda. Salut buat Pak Jokowi yang sukses menjadikan Solo sbg kota yg bersih & asri...mari kita dukung Pak Jokowi sbg Pemimpin Jakarta Baru!!!.

    ReplyDelete
  6. Wah, sudah nggak sabar mau liburan ke Solo. Mantap!!!

    ReplyDelete
  7. @nug: pemimpin yg otoriter n radikal nug

    ReplyDelete
  8. Orang Hebat kaya gini nih yang selalu di zholimi orang2 sirik,,, jelas2 beliau bekerja dengan tulus dan ikhlas demi perubahan yang lebih baik,, coba liat hasilnya ?? hebat bukan ?? buka mata kalian,, buka hati kalian.. mari kita dukung Ir. Joko Widodo untuk menjadi Gubernur DKI agar kesan IBUKOTA layaknya seperti IBUKOTA... bukan seperti sekarang... IBUKOTA yang malang,, jakarta ku banjir,, macet,, polusi,, gersang,, kumuh... Indonesia memang butuh pemimpin yang bekerja dengan setulus hati demi perubahan yang lebih baik.. Maju terus Pak Jokowi Allah bless you !!

    ReplyDelete
  9. semoga jokowi jadi gubernur dki jakarta

    ReplyDelete
  10. solo keren...!!! kapan ya bandung bisa kyk gini..bersih,,nyaman...???

    ReplyDelete
  11. keren ya .. pak jokowi ... semoga pak jokowi maju terus dan bisa menjadi contoh ...
    kujungi juga ya ...http://www.jualbarangantiketnik.com/

    ReplyDelete
  12. Pengen jalan2 ke solo. Inspiring leader

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."