:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Friday, July 13, 2012

Tokoh-tokoh Ice Age dalam Dunia Nyata

Ice Age adalah film animasi yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya untuk mengisi liburan bersama keluarga. Film animasi ini bercerita tentang persahabatan antara Manny Si Mammoth, Diego Si Sabretooth, dan Sid Si Kukang yang begitu menarik menurut saya. Pertama kali saya melihat film ini, saya berpikir bahwa film ini benar-benar memiliki cerita yang unik, lucu, dan bahkan menyentuh. Dan sekarang telah muncul sekuel keempat untuk film ini berjudul Ice Age 4: Continental Drift.

Makhluk-makhluk pra-sejarah yang terdapat dalam film Ice Age memang terlihat lucu dan menggemaskan. Namun apakah kalian mengetahui penampakan asli dari makhluk-makhluk tersebut? Ternyata mereka sangat keren.

1. Mammoth / Mamut

 
Mammoth adalah genus gajah purba yang telah punah. Ukuran tubuhnya lebih besar daripada gajah normal yang ada di dunia saat ini. Gadingnya melingkar membentuk kurva ke arah dalam dan, dalam spesies utara, dengan rambut panjang. Mereka hidup dalam masa Pleistosen (bukan Playstation loh ya) sejak 1,6 juta tahun lalu sampai sekitar 10.000 tahun lalu. Kata mamut berasal dari bahasa Rusia (мамонт).

Ada kesalahpahaman bahwa mamut lebih besar dari gajah. Spesies terbesar mamut yang diketahui, Mammoth Sungai Songhua, memiliki tinggi sekurangnya 5 meter pada pundaknya. Mamut umumnya memiliki berat 6-8 ton, namun mamut jantan yang besar beratnya dapat mencapai 12 ton. Gading mamut sepanjang 3,3 meter ditemukan di utara Lincoln, Illinois tahun 2005. Sebagian besar spesies mamut memiliki ukuran sebesar Gajah Asia modern.
(sumber wikipedia.org)

2. Sabretooth

 
Sabretooth - atau sabertooth - adalah salah satu hewan purba yg paling populer. Mereka mudah dikenali karena penampilannya yg mirip macan, namun memiliki sepasang taring panjang di rahang atasnya. Karena sepasang taringnya itu pula, mereka diberi nama "sabretooth" yang artinya "gigi pedang". Sabretooth sendiri sebenarnya adalah sebutan orang barat terhadap beberapa jenis kucing besar bergigi pedang yg di antaranya adalah Smilodon, Homotherium, Dinictis, & Machairodus. Di antara jenis-jenis Sabretooth itu, yg paling terkenal adalah genus Smilodon.

Sejauh yg ditemukan para ahli dengan melihat fosilnya, ada 3 spesies anggota genus Smilodon : S. fatalis, S. gracilis , & S. populator. Smilodon fatalis adalah spesies anggota Smilodon yg paling kecil - bobotnya kurang dari separuh bobot S. populator - sekaligus dengan yg tertua yg diketahui oleh manusia. Fosil tertuanya diketahui berusia sekitar 2,5 juta tahun yg lalu. Smilodon populator adalah yg terbesar di antara ketiga spesies Smilodon - panjang tubuhnya mencapai 2 m & perkiraan bobot tubuhnya hingga 300 kg lebih - sementara spesies S. gracilis memiliki ukuran tubuh relatif sedang dibandingkan kedua spesies lainnya.
(sumber: lautanindonesia.com)

3. Kukang

 
Kukang adalah jenis primata yang bergerak lambat. Warna rambutnya beragam, dari kelabu keputihan, kecoklatan, hingga kehitam-hitaman. Pada punggung terdapat garis coklat melintang dari belakang hingga dahi, lalu bercabang ke dasar telinga dan mata. Berat tubuh 0,375-0,9 kg, panjang tubuh dewasa 19-30 cm.

Di Indonesia, satwa ini dapat ditemukan di Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Kukang (Nycticebus coucang) adalah jenis primata yang lucu dan menggemaskan sehingga tidak heran banyak masyarakat umum yang menjadikan primata ini menjadi incaran untuk dijadikan hewan peliharaan. - Chez-space.blogspot.com
(sumber: wikipedia.org)

Share artikel ini:

Reactions:

1 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."