:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tuesday, July 3, 2012

Talok, Buah Apa Itu?


 
Foto: kampungberita.com

Tumbuhan ini menyebar dan ada dimana-mana. Di daerah saya sendiri, hampir di setiap jalan raya sampai ke rumah-rumah penduduk selalu ada pohon ini. Tumbuhan ini tumbuh dengan cepat dan menjadi pohon besar yang rindang, lalu kemudian buah-buah kecil berwarna hijau dan merah (saat matang) bermunculan. Saya masih teringat ketika di Bali, seorang Guide disana bingung ketika saya bilang buah "talok". Apa Anda juga bingung dan tidak tahu buah apa ini?

Talok ternyata memiliki nama lain yaitu Kersen, karena buahnya yang kecil dan manis (mirip ceri) sehingga banyak orang menjulukinya ceri (cherry) Jawa. Di daerah Lumajang, anak-anak menyebutnya dengan sebutan baleci. Dan ternyata talok tidak hanya tumbuh di Indonesia saja, Tumbuhan ini juga tumbuh di beberapa negara lain seperti Filipina, Vietnam, Laos, Malaysia, Thailand, Kamboja, Spanyol, Inggris, hingga Belanda. Dan ternyata lagi, nama ilmiah dari tumbuhan ini cukup keren juga lho, yaitu Muntingia calabura L.

Buah talok ini tidak begitu dihiraukan oleh sebagian besar manusia, namun biasanya di pedesaan kita masih sering melihat anak-anak memanjat pohon ini untuk mendapatkan buahnya. Walaupun sebenarnya buah talok ini ternyata banyak juga manfaatnya. Beberapa manfaat dari buah talok tersebut adalah :

  1. Manfaat talok sebagai Antiseptik : Rebusan daun talok ini ternyata mempunyai khasiat dapat membunuh mikroba atau sebagai antiseptik. Rebusan daun talok terbukti dapat membunuh bakteri sebagai berikut: C. Diptheriae , S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil. Diduga aktivitas anti bakteri dari daun talok ini disebabkan oleh adanya kandungan senyawa seperti tanin, flavonoids dan saponin yang dimilikinya.
  2. Manfaat talok sebagai Antiinflamasi : Rebusan daun talok juga mempunyai khasiat untuk mengurangi radang (antiinflamasi) dan juga menurunkan panas.
  3. Manfaat talok sebagai Antitumor : Daun talok dilaporkan juga mempunyai efek anti tumor, dimana kandungan senyawa flavonoid yang dipunyai daun talok ini ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker secara invitro/laboratoris.
  4. Manfaat talok sebagai Anti Uric Acid (Asam Urat) : Di Indonesia secara tradisional buah talok telah digunakan untuk mengobati asam urat dengan cara mengkonsumsi buah talok sebayak 9 butir 3 kali sehari. Hal ini terbukti dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit asam urat tersebut. - Chez-space.blogspot.com
Share artikel ini:

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."