:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Monday, December 26, 2011

Ratu Boko, Istana Megah Diatas Bukit


Jika kalian berwisata ke Candi Prambanan, sempatkan sejenak untuk mengunjungi situs ini. Sebuah istana megah terbuat dari batu yang berdiri megah diatas bukit. Ratu Boko namanya, sebuah mahakarya kerajaan zaman dulu yang hingga kini masih menyimpan misteri. Banyak pakar sejarawan yang berbeda menafsirkan fungsi dari bangunan ini. Apakah sebuah istana, candi, atau taman untuk putri raja, masih menjadi misteri sampai sekarang.

Saya mengunjungi tempat ini beberapa waktu lalu, kebetulan saat menjenguk saudara di Jogja. Dulu waktu pertama lewat bukit ini, saya selalu memandangi bangunan yang samar terlihat diatas bukit sambil bertanya "Ini ya yang namanya Ratu Boko itu?", dan diikuti dengan anggukan kepala saudara saya. Hingga suatu hari, saudara saya mengajak untuk melihat lebih dekat ke tempat tersebut. Wah, saya benar-benar excited waktu itu. Tanpa panjang lebar lagi, saya kemudian melaju dengan sepeda motor ke tempat tersebut. Ada dua tempat parkir yang disediakan di lokasi wisata, yang satu berada dibawah, sedangkan yang satunya lagi berada diatas. Saudara saya menyarankan untuk parkir motor dibawah saja, okelah, namun pada akhirnya saya pun menyesal menuruti bujukan maut dia tadi. Why?

Karena disini, alamaaaak, saya harus menaiki anak tangga yang cukup banyak dan menanjak. Sekali lagi, "cukup banyak dan menanjak". Hmm.. Saya hanya bisa melemparkan senyum penuh kebencian kepada saudara saya, dan ia balas dengan senyum seolah menertawai saya (War mode: ON). Hingga sampai diatas, huff.. akhirnya sampai juga. Disini kami menemui sebuah restoran dan ehem, "tempat parkir" yang ada diatas. Jadi teorinya, kalau kita parkir langsung diatas dengan mengendarai kendaraan sampai diatas bukit, kita tidak perlu melalui anak tangga yang penuh derita tadi.


Dan akhirnya saya memasuki pelataran depan Istana Ratu Boko, atau ada juga yang menyebutnya Keraton Ratu Boko atau Candi Ratu Boko, menurut saya itu sama saja. Terserah situs ini mau dijuluki apa, yang pasti sampai disini saya menemukan sebuah gerbang Istana/Candi? yang masih kokoh berdiri. Sangat indah, sedikit teringat saat saya mengunjungi GWK di Bali beberapa saat lalu. Lalu kami berjalan masuk ke dalam gapura tadi, disini hanya ada lapangan yang begitu luas, tanpa atap. Namun masih terlihat jelas beberapa bekas bangunan di samping lapangan luas ini, yang semakin meyakinkan saya bahwa disini pernah ada sebuah istana megah berdiri.

Ada sebuah sendang dan candi di bagian ini, yang katanya candi itu dipakai untuk upacara pembakaran mayat atau ngaben dalam istilah adat Bali. Dilanjutkan ke sisi kiri, ada sebuah tanjakan menuju ke rumah beratap Joglo diatas lagi, kami pun kesana. Setibanya diatas, kami disuguhi pemandangan yang sangat menarik. View Candi Prambanan dari atas bukit, dengan latar belakang Gunung Merapi sangat indah dilihat dari atas sini. Setelah puas menikmati lukisan alam tersebut (sembari beristirahat juga disitu), kami pun melanjutkan "ekspedisi" kami ke bagian kanan istana ini.


Dan.. Saya pun tidak mengira bahwa di bagian ini lebih luas dibandingkan bagian pertama yang saya sambangi tadi. Wow, mungkin saat istana megah ini masih berdiri utuh, bisa jadi istana ini lebih luas dari Candi Borobudur. Ada goa disini, tapi saya tidak menyempatkan kesana karena hari sudah semakin gelap. Namun saya menyempatkan diri sebentar untuk melihat beberapa kolam yang konon katanya dipakai untuk mandi beberapa putri kerajaan saat kerajaan ini masih eksis.


Sebenarnya masih banyak lagi yang ingin saya sampaikan tentang situs yang begitu megah ini, seakan-akan tulisan saya ini masih kurang untuk menggambarkan keindahan reruntuhan istana tersebut. Super indah lah pokoknya. :) (Andy Catur)
.Chez-space.blogspot.com

Sumber berita: http://chez-space.blogspot.com/2011/12/ratu-boko-istana-megah-diatas-bukit.html

Share artikel ini:

Reactions:

7 comments:

  1. Replies
    1. Foto2 keren ini saya ambil dari google, maklum, waktu itu saya belum bawa kamera canggih.

      Hehe.. :D

      Delete
  2. nice info gan.
    kunjungi blog ane cakrahidup.bogspot.com

    ReplyDelete
  3. wah sudah menetap 3tahun malah belum kesitu gan.haha..nice post kapan2 kesitu dah..

    mampir kesini gan sharing informasi

    ReplyDelete
  4. mantap gann,, ayoo dab do menyang ratu boko,, hahah
    ojo lali jangan lupa kunjuangan baliknya gann,, heheh
    info-otomania.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Pengen kesana lagi, viewnya candi Prambanan malam hari dari sini mantap banget deh :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."