:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Thursday, February 9, 2012

Tempat Nongkrong Favorit di Kota Solo

Biasanya yang kita tahu, Kota Solo selalu identik dengan budaya Jawa dan batiknya. Tak heran bila turis-turis asing dari luar negeri sering menyambangi tempat-tempat budaya maupun pasar tradisional. Tapi jangan salah, layaknya kota-kota lain di Indonesia, Solo juga tetap menyediakan wadah bagi anak muda yang hobi "nongkrong" menghabiskan waktu dengan teman-teman maupun bersama komunitas. Mulai dari pagi hari, hingga tempat nongkrong asyik di malam hari akan saya sebutkan satu-persatu disini.


1. Stadion Manahan

Nama Stadion Manahan sudah begitu terkenal di Indonesia. Selain difungsikan sebagai sarana turnamen sepakbola antar klub hingga acara berskala internasional, stadion ini juga kerap digunakan warga Solo (terutama anak muda) sebagai tempat nongkrong di malam hari maupun sekedar bersepeda santai dan lari pagi. Stadion ini memiliki halaman yang cukup luas untuk menampung aktivitas warga sekitar, dan juga diluar halaman di trotoar yang melingkari kompleks stadion ini disediakan tempat duduk dan taman-taman hijau dengan pohon-pohon besar yang rindang.

2. Kawasan Ngarsopuro


Ngarsopuro terletak di Jalan Diponegoro, yakni jalan satu arah dari Jalan Protokol Slamet Riyadi menuju Pura Mangkunegaran. Untuk menemukan kawasan ini di Kota Solo sangatlah mudah. Bangunan-bangunan disekitar kawasan ini dibangun dan dihias dengan arsitektur jawa dan nilai seni yang tinggi, itulah yang membuat kawasan ini sangat mencolok dibandingkan kawasan lain. Kawasan ini merupakan salah satu tourism area di Kota Solo, disini kita bisa menemukan Pasar Barang Antik Windujenar, Galeri Omah Sinten, hingga lampu sarang burung dan lukisan yang dipajang dipinggir jalan. Ngarsopuro biasanya sangat ramai saat malam minggu, karena disini dibuka stand-stand pasar malam setiap akhir pekan.

3. Taman Balekambang


Taman hijau yang satu ini merupakan paru-paru utama Kota Solo. Taman ini sekarang sudah berbenah dengan melepaskan beberapa rusa dan hewan lainnya, juga turut menyediakan kursi-kursi untuk bersantai menikmati hijaunya taman dari penat di kota. Disini kita bisa menemukan beberapa penjual makanan dan juga lotis (sejenis rujak buah yang dipotong-potong), buah ini bisa kita berikan sebagai pakan hewan-hewan disini. Balekambang juga sering diadakan sebagai tempat kopdar para Blogger, namun tempat ini hanya buka sampai sore hari.

4. Alun-alun Selatan Keraton Solo


Nama resminya adalah Alun-alun Selatan Keraton Kasunanan, tapi lebih akrap disapa dengan Keraton Solo atau Keraton saja. Berbeda dengan alun-alun bagian utara yang terasa panas, di bagian selatan justru terasa lebih teduh. Biasanya tempat ini akan terlihat ramai saat sore hari, banyak anak-anak muda dan juga para orang tua mengajak anak-anak mereka jalan-jalan kesini. Saat sore hari, biasanya ditempat ini bisa kita temui para penjual makanan dan mainan, jika mau memberi makan Kebo Bule disini juga bisa.

5. Gladag Langen Bogan


Bagi yang suka nongkrong sembari berwisata kuliner di malam hari, inilah tempat yang paling cocok. Gladag Langen Bogan atau disingkat Galabo sebenarnya adalah ruas jalan satu arah dari kawasan Gladag menuju Loji Wetan, namun jalan ini ditutup mulai sore hari hingga malam hari sebagai pusat kuliner. Semua masakan kuliner khas Solo ada disini. Kita bisa memilih tempat makan dengan kursi-kursi yang disediakan maupun lesehan dengan tikar. Galabo buka dari jam 6 sore hingga pukul 11-12 malam, selama itu kita bisa menikmati makanan enak ditemani musik karaoke di malam hari.


6. Boulevard Kampus ISI


Kampus ini sekarang telah berubah nama menjadi Institut Seni Indonesia (ISI), namun banyak orang yang lebih akrab dengan nama STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia). Dari sekian tempat nongkrong di Kota Solo, di halaman Kampus ISI kita hanya akan menemui anak-anak muda yang biasanya didominasi oleh mahasiswa UNS (Universitas Negeri Sebelas Maret), karena termasuk dalam kompleks UNS dan juga dekat dengan tempat kost mahasiswa disini. Kawasan ini hanya terlihat ramai saat malam hari, disini terdapat sebuah hik/wedhangan yang sangat terkenal di Kota Solo.


7. Plaza Sriwedari

Plaza Sriwedari berdiri di sebuah kompleks yang terdiri dari Taman Hiburan Rakyat, museum, gedung pertemuan, city walk, stadion, dan gedung pertunjukan Wayang Orang Sriwedari. Kita bisa kesini saat siang hari, namun biasanya sering dijadikan sebagai tempat nongkrong anak-anak muda saat malam hari. Di Sriwedari sering juga diadakan pentas budaya maupun konser musik, yang terbesar saat itu adalah acara bertajuk Rock In Solo di kompleks stadion. Bagi yang suka mengandalkan fasilitas hotspot, perlu dicatat bahwa di Solo sekarang tersedia area hotspot menyebar di setiap kecamatan, jadi tidak perlu khawatir. (Andy Catur)
.Chez-space.blogspot.com

Sumber berita: http://chez-space.blogspot.com/2012/02/tempat-nongkrong-favorit-di-kota-solo.html

Share artikel ini:

Reactions:

5 comments:

  1. hemmmmmmm
    adem tuch tempat nongkrongnya gan

    ReplyDelete
  2. saya fans berat pak jokowi, salam hangat dr makati-philipines :)

    ReplyDelete
  3. wah...jadi pengen balik ke solo lagiiii....................

    ReplyDelete
  4. mas. tambah... kawasan sudirman citywalk benteng vastenburg itu sekrng dikasih tempat duduk mantap

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."