:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Friday, February 10, 2012

Lebah, Hewan Mungil yang Mulia


Saya masih teringat saat beberapa tahun yang lalu, guru saya pernah menjelaskan bahwa lebah adalah hewan ciptaan Tuhan yang begitu mulia. Sebenarnya begini, beliau mengajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, tapi malah sering bercerita tentang Agama dan Ilmu Sains. Ada lagi yang 11/12 dengan guru Bahasa Indonesia tersebut, yaitu guru mata pelajaran Fisika, yang seringnya malah bercerita tentang wayang. Nah, lho? Namun cerita tentang lebah itulah yang langsung tertanam didalam otak saya hingga sekarang, bahkan setelah mendengar cerita tersebut, saya seakan "disihir" untuk mengkonsumsi madu yang saya beli sepulang sekolah.

Lebah adalah salah satu jenis serangga terbang yang hidup secara berkelompok, dan termasuk pada suku atau familia Apidae (ordo Hymenoptera: serangga bersayap selaput). Hewan ini tiba-tiba menjadi bahasan utama dalam pelajaran Bahasa Indonesia waktu itu, saat guru saya memberi tugas karya tulis tentang penyakit dalam. Guru saya menjelaskan tentang berbagai penyakit dalam dan cara-cara untuk hidup sehat, salah satunya adalah menyinggung tentang madu dan propolis. Guru saya juga menjelaskan bahwa dalam surah An Nahl (yang berarti lebah madu) ayat 68-69 berbunyi:

"Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah: Buatlah sarang-sarang di bukit-bukit, di pohon-pohon kayu dan di tempat-tempat yang dibuat oleh manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah di mudahkan. Kemudian dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang berpikir."

Lalu sebenarnya apa benar cerita guru saya diatas? Apa dia tidak terlalu melebih-lebihkan? Apa sih khasiatnya madu itu? Madu, yang merupakan hasil dari nektar bunga yang dikumpulkan oleh para lebah pekerja (ternyata semua lebah pekerja itu betina lho) dengan dilembutkan dan dikunyah sebelum ditampung pada lubang-lubang di sarang lebah tersebut memang sangat berkhasiat. Dalam madu ternyata terdapat kandungan Riboflavin (Vit. B2), Niacin (Vit. B3), Pantothenic acid (B5), Vitamin B6, Folate (Vit. B9), Vitamin C, Calcium, Iron, Magnesium, Phosphorus, Potassium, Sodium, Zinc dan Protein.

Sebenarnya kita bisa hidup sehat dengan mengkonsumsi madu secara teratur. Cukup dengan tiga kali satu sendok makan dalam satu hari, madu bisa juga dicampur dengan minuman lain semisal teh hangat ataupun dalam makanan kue. Bila rutin mengkonsumsi madu, maka suhu tubuh akan stabil, detak jantung juga akan lebih stabil. Satu lagi, madu adalah satu-satunya makanan yang tidak akan pernah basi/membusuk. Sehat itu memang mahal, tapi sebenarnya mudah, berterima-kasihlah pada koloni serangga kecil ini. - Chez-space.blogspot.com

Share artikel ini:

Reactions:

3 comments:

  1. Saya sudah membuktikan manfaat madu lebah untuk kesehatan, selain itu ada propolis, ada royal jelly, dll yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. walaupun kecil lebah merupakan penghasil cairan termanis didunia dan memiliki berbgai manfaat, tidak hanya madunya sengatannya juga bermanfaat untuk penyembuahan penyakit tertentu secara medis.

    dan dalam Kitab Al-Quran pun dicantumkan Lebah menjadi salah satu surat.

    Motto nya " Live For Give"

    salam kenal :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."