:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sunday, February 12, 2012

Hari Valentine dan Kisah Cinta Santo Valentinus


Sebentar lagi kita akan tiba pada tanggal 14 Februari, dimana para anak-anak muda yang punya pacar akan menerima bingkisan berupa cokelat ataupun boneka dari kekasih mereka, mereka menyebutnya dengan Hari Valentine. Yang mungkin tidak diketahui oleh mereka adalah sejarah dari Hari Valentine yang tak lepas dari seorang teolog Gnostik Kristen yang paling terkenal dan berpengaruh pada masanya bernama Valentinius, atau ada juga yang menyebutnya Santo Valentinus. Semasa hidupnya, ajaran tentang Cinta Kasih Kristianinya banyak ditentang oleh pemuka agama Kristen pada saat itu.

Sebelum abad ke-14, Hari Raya Santo Valentinus tidak pernah dihubungkan dengan hari kasih sayang atau semacamnya. Nah, baru pada abad ke-14 tersebut, 14 Februari dipercaya sebagai hari dimana burung-burung mencari pasangannya untuk kawin. Pada abad ini orang-orang mulai terbiasa memberi kartu ucapan Valentine kepada orang yang mereka cintai. Cerita-cerita tentang Hari Valentine juga tercipta di abad ini, salah satu yang terkenal adalah saat Santo Valentinus akan gugur sebagai martir (orang suci dalam ajaran Katolik), ia menulis sebuah pernyataan cinta kecil yang diberikannya kepada sipir penjaranya yang tertulis, "Dari Valentinusmu". Cerita ini sering dikaitkan dengan sejarah dari Hari Valentine tersebut.

Valentine. Hmm.. Entah mengapa hari itu bisa dikatakan sebagai hari kasih sayang. Menurut saya sendiri, sebenarnya tak ada salahnya kita menunjukkan rasa sayang kita kepada orang yang kita cintai, tapi apakah harus pada tanggal 14 Februari? (mungkin biar kompak kali ya?). Namun sekarang ini, perayaan Hari Valentine sepertinya memang telah diterima masyarakat diseluruh dunia. Di Jepang misalnya, meskipun bukan merupakan negara kristen, namun memberi cokelat kepada pasangannya merupakan suatu kewajiban pada tanggal tersebut. Atau di Indonesia, yang mayoritas adalah muslim, Hari Valentine telah dikenal bahkan dari anak kecil di sekolah dasar sudah sangat hafal tanggal dimana Hari Valentine dirayakan. (Andy Catur)
.Chez-space.blogspot.com

Sumber berita: http://chez-space.blogspot.com/2012/02/hari-valentine-dan-kisah-cinta-santo.html

Share artikel ini:

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."