:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saturday, December 17, 2011

Opening Ceremony ASEAN Para Games 2011, Manahan Bermandikan Cahaya


Opening Ceremony ASEAN Para Games 2011 (15/12/11) yang diadakan di Stadion Manahan Solo Berlangsung secara meriah. Sebanyak 5000 lebih masyarakat setempat yang diberikan tiket oleh pemkot Solo secara gratis memadati seluruh bangku yang disediakan untuk menonton acara tersebut. Termasuk saya yang meskipun saat itu hujan gerimis, saya tetap antusias melihat acara ini. Meskipun tak semegah pembukaan SEA Games di Palembang beberapa saat lalu, namun yang saya lihat kali ini tak kalah hebatnya. Tata cahaya lampu yang apik, dan juga pesta kembang api turut menyemarakkan jalannya pembukaan lomba atletik untuk kaum difabel se-Asia Tenggara tersebut.

Acara dimulai dengan penampilan Marching Band dari UNS (Universitas Sebelas Maret), dilanjutkan delegasi dari kesebelas negara anggota ASEAN, pidato dan pembunyian sirine tanda pembukaan ASEAN Para Games oleh Wapres Boediono. Juga turut hadir Menpora Andi Malarangeng. Acara diisi dengan tarian budaya berjudul "Campursari Nusantara" karya koreografer Deny Malik. Disertai penampilan grup vokal Warna dan Joy Tobing dengan membawakan lagu ciptaan Presiden SBY, Bersatu Dan Maju. Dan seakan menunjukkan identitasnya sebagai Kota Batik, dalam pagelaran ini pun dikemas dalam nuansa batik yang begitu apik. Semua penonton diwajibkan memakai batik, namun yang saya lihat justru banyak penonton hanya memakai kaos. Tapi itu tak jadi masalah, karena penonton benar-benar sangat menikmati acara ini.

Yang tak kalah menarik, saat penyalaan api abadi mrapen ke obor besar diatas bangku penonton, ialah Sabar Gorky, atlet difabel dari Solo ini membawa api meluncur dari atas tribun, dilanjutkan membawa obor ke atas dengan memanjat menggunakan satu kaki. Dia adalah orang hebat, yang telah mengharumkan nama bangsa saat ia menaklukan Gunung Elbrus dan Kilimanjaro di Afrika. Meski malam itu sempat diguyur gerimis, acara tetap berlangsung meriah. Salut.

Foto-foto saat Opening Ceremony ASEAN Para Games 2011, Manahan, Solo:

Sudut pandang saya dalam mengambil foto-foto ini berada di sisi utara, bukan dikelas VIP. Namun saya juga menyertakan video disini bagi yang ingin melihat cuplikan acara ini. Sampai bertemu lagi pada Closing Ceremony mendatang. (Andy Catur)
.Chez-space.blogspot.com


Share artikel ini:

Reactions:

1 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."