:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::

WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tuesday, July 17, 2012

Keajaiban Berpelukan Dapat Menghilangkan Stres


Pernahkah Anda berpelukan? Bagaimana rasanya? Hangat, nyaman? Selain memberikan perasaan tenang dan nyaman, ternyata berpelukan juga baik untuk kesehatan dan masih banyak lainnya lagi. Berpelukan merupakan sesuatu yang simpel untuk dilakukan, namun memiliki energi yang besar terkandung didalamnya. Apakah Anda sadar akan hal ini?


Berpelukan Itu Menyehatkan. Sebuah penelitian dari Brigham Young University di Salt Lake City menemukan, berpelukan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada pasangan, baik itu suami-istri atau pun kekasih. Memeluk bisa memicu produksi hormon positif (+), yang juga membawa efek baik bagi kesehatan tubuh. Pelukan yang disertai pijatan juga membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi.

Berpelukan Dapat Menghilangkan Stres. Berdasarkan hasil penelitian yang dikeluarkan oleh jurnal Psychosomatic Medicine, pelukan hangat dapat melepaskan oxytocin, hormon yang berhubungan dengan perasaan "cinta dan kedamaian". Hormon tersebut akan menekan hormon penyebab stres yang mendekam di tubuh. Penelitian lain yang dilakukan University of Miami”s Touch Research Institute juga menunjukkan, pelukan punya manfaat medis yang mengurangi rasa sakit pada kepala. Selain itu juga mengurangi stres orang yang mengalami gugup dan panik saat akan berbicara di depan umum.

Berpelukan Menunjukkan / Menyampaikan Kasih Sayang. Memeluk merupakan cara terbaik ketika kita ingin menunjukkan kasih sayang kepada orang yang kita cintai. Pelukan sendiri juga mengisyaratkan bahwa Anda memberikan perhatian dan tidak mau kehilangan orang yang anda peluk. Kedekatan fisik yang terjadi antara Anda dengan kekasih/pasangan, bisa membantu menguatkan keterikatan emosional serta meningkatkan rasa aman dan nyaman pada orang yang dicintai. Lingkarkanlah kedua tangan Anda ke tubuhnya, dan pegang pasangan anda dengan erat untuk menunjukkan rasa sayang.

Berpelukan Memberi Kenyamanan. Pelukan juga bisa memberikan rasa nyaman. Dalam kondisi seseorang sedang sedih, takut, kesal atau kecewa, memeluknya bisa memberi rasa nyaman dan aman. Pasangan anda juga akan tenang dan merasa ada seseorang yang akan membantunya bangkit dari keterpurukan. Pelukan dengan pijatan kecil di lengan, bahu atau punggung mengisyaratkan Anda peduli dan seolah mengatakan, “tegarlah, semuanya akan berlalu dan baik-baik saja”.

Berpelukan Memberikan Kehangatan. Membuat tubuh orang merasa hangat adalah salah satu keuntungan dari berpelukan, khususnya saat berada di cuaca dingin. Dalam situasi kritis, misalnya terjebak dalam badai salju atau tersesat di hutan kala hujan, meninggikan suhu tubuh dengan berpelukan bisa menyelamatkan Anda dan orang lain dari kematian (wow). Pelukan juga membuat orang yang sedang terkena demam atau menggigil merasa lebih nyaman karena merasakan kehangatan tubuh Anda. - Chez-space.blogspot.com

Sumber: wolipop.detik.com
Share artikel ini:

1 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."