:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Thursday, July 19, 2012

Cara Meredam Nyeri Sendi yang Menyakitkan


Tahukah kamu bahwa nyeri sendi bisa dialami oleh setiap bagian tubuh manusia tanpa terkecuali? Nyeri pada sendi lebih sering terjadi pada tangan dan kaki yang biasanya memiliki tugas yang berat. Kaki sebagai penopang dan tangan selalu berkerja. Nyeri sendi bisa muncul karena adanya peradangan pada daerah sendi terutama jika adanya gangguan pada jaringan cairan pelumas sendi.

Olahraga secara teratur dapat membantu para penderita radang atau nyeri sendi / Rheumatoid Arthritis (RA). Dengan berolahraga, nyeri akan berkurang dan otot tidak akan kaku lagi.  Bila tidak aktif melakukan olahraga, otot dan sendi akan semakin lemah. Beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan adalah:

  • Lakukan aerobik ringan seperti naik tangga, berjalan, jogging dan menari. Aerobik ringan ini dapat membantu tubuh tetap bugar serta memengurangi resiko penyakit jantung dan nyeri sendi.  Mulailah melakukan aerobik ringan untuk beberapa menit setiap hari. Tingkatkan waktunya  secara bertahap dari 5 menit ke 10 menit hingga 60 menit (1 jam).
  • Tambahkan olahraga beban 2-3 kali seminggu. Olahraga yang menggunakan beban dapat meningkatkan kekuatan otot serta mobilitasnya sehingga bisa mengurangi nyeri sendi. Gunakan band elastis atau beban. Mulai menggunakan beban paling ringan yang kemudian ditingkatkan sedikit demi sedikit.
  • Berenang merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan. Berenang akan membantu memperkuat sendi di seluruh tubuh terutama sendi di pungung, tangan dan kaki. Untuk permulaannya, berenanglah beberapa menit dengan bantuan papan pengapung. Tingkatkan waktunya dari beberapa menit menjadi 10 hingga 30 menit (1/2 jam). Ketika sudah terbiasa dengan air, papan pengapung bisa dilepas.
  • Isometric merupakan salah satu olahraga peregangan yang ringan namun bagus untuk penderita nyeri sendi. Biasanya peregangan ini sering dilakukan sebelum melakukan olahraga yang berat. Peregangan banyak jenis jadi lebih baik mencari orang yang sudah menguasai isometric seperti pelatih GYM.
  • Thai Chi dapat meningkatkan kelenturan tubuh, otot dan sendi. Thai chi merupakan serangkaian gerakan yang penuh kelembutan sehingga dapat menciptakan ketenangan batin dan keseimbangan antara kelenturan serta otot. Ini merupakan salah satu olahraga yang tidak akan memberatkan penderita nyeri sendi.
Perlu diingat bahwa 5 olahraga di atas harus dilakukan secara teratur baru hasilnya kelihatan. Waktu yang dibutuhkan -/+ 3 bulan untuk terlihat hasilnya. Semoga bermanfaat.- Chez-space.blogspot.com

Share artikel ini:

Reactions:

1 comments:

  1. Untuk mengatasi nyeri sendi akibat peradangan, jangan dibawa dulu ke dokter, coba lihat tips di http://goo.gl/3o7W7e

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."