:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Wednesday, July 25, 2012

Narimo, Mempercantik Kota Solo lewat Topeng

 

Patung topeng ukuran besar dan mencolok kini dapat dilihat langsung di beberapa sudut Kota Solo. Mulai di perempatan Gendengan, Kawasan Pasar Triwindu Ngarsopuro, Sriwedari, Taman Sekartaji di Kandang Sapi, pintu gerbang Kompleks Stadion Manahan. Keberadaan topeng-topeng ini ternyata amat tepat sasaran sebagai penanda kota. Jika selama ini tamu luar kota atau wisatawan asing datang ke Solo biasa membawa kenangan foto dengan latar Keraton Kasunanan, Pura Mangkunegaran, Pasar Klewer dsb. Maka sekarang bisa mengambil topeng di beberapa sudut kota itu sebagai penanda Kota Solo.

Ialah Narimo, seorang pengrajin topeng dari Solo, topeng-topeng cantik tersebut tercipta berkat keterampilannya. Meskipun biasanya ia hanya membuat topeng ukuran kecil, namun justru karyanya yang satu ini sangat indah dan mencolok. Bagi Narimo sendiri, upaya Pemerintah Kota Solo membranding dengan topeng, menjadikan dirinya lebih kreatif. Pemilik karya topeng penanda Kota Solo itu merasa bahwa pesanan Walikota Jokowi, mulanya dianggap aneh.


Pak Jokowi mintanya yang besar dan mencolok. Gayanya modern tapi tidak meninggalkan karakter. Setelah Narimo mengikuti permintaan Pak Wali dan setelah dipajang, ternyata menumbuhkan semangat tersendiri baginya. Ia dipromosikan sebagai perajin topeng lokal, selain itu, ia juga dituntut berkarya lain dari yang lain. Sebelumnya Narimo membuat topeng hanya yang ukuran wajar atau kecil-kecil untuk souvenir. Sekarang bahkan Narimo mampu membuat yang lebih besar tanpa mengurangi kehalusan guratan dan pewarnaan topeng.

Penasaran dengan topeng-topeng raksasa buatan Narimo? Sempatkan waktu Anda untuk berkunjung ke Solo. - Chez-space.blogspot.com

Share artikel ini:

Reactions:

1 comments:

  1. Berbagi Kisah, Infomasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."