:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Friday, August 10, 2012

Warna-Warni Festival di Indonesia

Indonesia adalah negara yang penuh warna. Warna-warni keragaman budaya tersebut tertuang juga dalam berbagai festival nan apik yang tak ada duanya di dunia. Festival-festival asli Indonesia ini merupakan segelintir dari banyak festival di Indonesia yang mungkin kita kurang mengetahui karena kurang begitu terekspos di media massa.

1. Jember Fashion Carnaval


Jember Fashion Carnaval (JFC) adalah sebuah event karnaval busana yang setiap tahun digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Karnaval ini digagas oleh Dynand Fariz yang juga pendiri JFC Center. Sebanyak 400 an peserta berkarnaval, berfashion run way dan dance, di jalan utama kota Jember disaksikan oleh ratusan ribu penonton di kanan dan kiri jalan. Mereka terbagi dalam 8 defile yang masing-masing defile mencerminkan tren busana pada tahun yang bersangkutan. Semua busana dibuat dalam bentuk kostum yang kesemuanya dikompetisikan untuk meraih penghargaan-penghargaan. Arena yang digunakan untuk menggelar JFC adalah jalan utama Kota Jember sepanjang 3,6 kilometer.


2. Solo Batik Carnival


Solo Batik Carnival (SBC) adalah sebuah event tahunan yang diadakan oleh pemerintah Kota Surakarta dengan menggunakan batik sebagai bahan utama pembuatan kostum. Para peserta karnaval akan membuat kostum karnaval dengan tema-tema yang di tentukan. Para peserta akan mengenakan kostumnya sendiri dan berjalan di atas catwalk yang berada di jalan Slamet Riyadi. Karnaval ini diadakan setiap tahun pada bulan Juni sejak tahun 2008.

SBC pada tanggal 19-20 Februari 2010 mengikuti Festival Chingay di Singapura dan juga tampil pada pesta budaya Tong-Tong di Den Haag, Belanda, pertengahan April 2010. Dan pada tahun 2012 ini, SBC kembali digelar pada malam hari seperti tahun sebelumnya, dengan menggunakan kostum batik daur ulang/bekas.

3. Festival Lembah Baliem


Festival Lembah Baliem awalnya merupakan acara perang antarsuku Dani, Lani, dan Suku Yali sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan. Sebuah festival yang menjadi ajang adu kekuatan antarsuku dan telah berlangsung turun temurun namun tentunya aman untuk Anda nikmati. Festival Lembah Baliem berlangsung selama tiga hari dan diselenggarakan setiap bulan Agustus bertepatan dengan bulan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia.

4. Sail Bunaken


Sail Bunaken merupakan salah satu International Event kerjasama antara Departemen Kelautan & Perikanan dan TNI AL. Event yang memadukan beberapa rangkaian kegiatan bahari ini dilaksanakan di Kota Manado dan Kota Bitung. Agenda utama kegiatan ini adalah International Fleet Review yang menghadirkan kapal-kapal perang dan kapal-kapal layar tinggi dari masing-masing Angkatan Laut sebanyak 30 negara sahabat dan disaksikan langsung oleh Presiden RI, sekaligus sebagai rangkaian HUT RI.

5. Pekan Raya Jakarta


Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) adalah pameran tahunan terbesar di Indonesia. Walaupun dinamai "pekan", biasanya berlangsung selama satu bulan penuh dari pertengahan Juni sampai pertengahan Juli untuk memperingati hari jadi kota Jakarta. PRJ pertama kali diadakan pada tahun 1968. Sampai saat ini setiap tahun penyelenggaraannya tidak pernah terputus. Dari 1968 sampai 1991 PRJ pernah berlangsung di Taman Monumen Nasional. - Chez-space.blogspot.com

Share artikel ini:

Reactions:

1 comments:

  1. bagus banget yaaa... :)
    penuh dengan warna warni...

    moga Indonesia gitu juga kehidupan rakyatnya, indah :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."