:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Tuesday, June 5, 2012

Besok Pagi, Venus Terlihat Jelas dari Bumi

Penampakan Venus (Sumber gambar: apod-id.com)

Ada kejadian menarik yang akan terjadi sebentar lagi. Tepat pada hari Rabu besok, posisi matahari, Venus dan Bumi berada pada posisi sejajar. Hal ini pun membuat Venus bisa terlihat dari Bumi dengan mata telanjang. Ingin tahu?

"Meski ada beberapa yang menyebut fenomena ini sebagai gerhana venus, fenomena ini lebih cocok disebut Transit Venus karena ukuran Venus yang kecil," ungkap Profesor Thomas Djamaluddin dari LAPAN. Menurutnya, fenomena ini memiliki siklus delapan tahun dan 105 tahun. "Fenomena terdahulu terjadi pada 2004 dan kini akan bisa disaksikan pada 6 Juni 2012 pukul 5.00-11.49 WIB. Fenomena selanjutnya akan terjadi pada 2117," katanya.

Beruntungnya, bagi warga Indonesia Tengah dan Timur bisa mengamati fenomena ini dari awal hingga akhir. Bagi warga Indonesia Barat, pengamatan bisa dilakukan sejak matahari terbit.

"Venus nantinya akan tampak seperti titik hitam pada matahari. Selain itu, fenomena ini juga tidak akan menimbulkan efek tertentu pada Bumi," lanjutnya. - Chez-space.blogspot.com

Sumber info: riautrust.com
Share artikel ini:

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."