:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sunday, January 29, 2012

Telo Bakkeljauw, Masakan Khas dari Suriname

Bicara tentang Suriname, tak lepas dari budaya Jawa yang hingga kini masih tetap ada disana. Suriname dulunya merupakan bekas negara jajahan Belanda di Amerika Selatan, saat itu pula banyak orang-orang dari Indonesia, terutama Jawa, yang dikirim oleh Belanda ke Suriname sebagai budak. Suriname merdeka pada tahun 1975, banyak orang Jawa yang kembali ke Indonesia, namun ada pula yang memilih untuk menetap disana. Mereka-mereka yang menetap disana tetap melestarikan budaya dan bahasa jawa, sehingga disebut Jawa Suriname.

Salah satu yang menarik adalah masakan khas Suriname. Karena banyaknya populasi orang Jawa disana, maka kita masih bisa menemukan yang namanya pecel, gado-gado, sate, dan nasi goreng (wah, brambang asem kok nggak ada ya?). Dari sekian banyak makanan khas Suriname, ada satu nama makanan yang menarik perhatian saya, namanya Telo Bakkeljauw. Ya, "Telo", atau bahasa Jawa dari ketela. Bahan utama dalam masakan ini adalah ketela (singkong) sebagai pengganti nasi.

Telo Bakkeljauw

Nah, bagi yang penasaran dengan masakan yang satu ini, tak perlu pergi jauh-jauh ke Suriname. Emang disini ada yang jual? Tidak, tapi kita bisa membuatnya sendiri dirumah. Caranya cukup mudah kok, terlebih dahulu siapkan bahan-bahannya:

1. 350 g ikan asin
2. 2 buah singkong
3. 2 cabai hijau
4. Garam secukupnya
5. 1 bawang bombai, iris halus
6. 3 sdm minyak untuk menumis
7. 3 tomat ukuran sedang
8. 1 ketimun, iris bulat

Cara membuatnya, rendam ikan asin dalam air panas, saring ikan asin dan remas dengan tangan hingga hancur, tumis irisan bawang dan cabai, aduk hingga layu, masukkan ikan yang sudah halus tadi, masukkan irisan tomat, aduk hingga layu, kemudian tutup wajan. Biarkan diatas api sedang hingga agak kering. Sementara menunggu, kalian bisa merebus singkong selama 20 menit, tambahkan garam sebagai penambah rasa, angkat singkong rebus, potong kecil-kecil, campurkan singkong yang telah dipotong-potong kedalam masakan ikan asin, aduk hingga merata, Telo Bakkeljauw sudah siap untuk dihidangkan. Mudah kan?

Sekarang, Telo Bakkeljauw yang sudah jadi tersebut bisa ditambahkan dengan irisan tomat dan mentimun. Silahkan mencoba dirumah. (Andy Catur)
.Chez-space.blogspot.com

Sumber berita: http://chez-space.blogspot.com/2012/01/telo-bakkeljauw-masakan-khas-dari.html

Share artikel ini:

Reactions:

1 comments:

  1. emang TOP banget deh makanan Indonesia, gan salam kenal yup... di tunggu follback nya. Thanks

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."