:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Selasa, 24 Januari 2012

Masjid-masjid Aneh dan Unik di Indonesia

Masjid adalah bangunan yang digunakan sebagai tempat ibadah bagi umat muslim. Biasanya bentuk umum dari masjid adalah sebuah bangunan utama dengan kubah berbentuk setengah lingkaran atau menyerupai bentuk biji bawang, disampingnya terdapat sebuah atau beberapa buah menara. Fungsi menara-menara ini tak lain adalah untuk mengumandangkan suara adzan agar terdengar dari jarak yang cukup jauh.

Indonesia merupakan negara dengan mayoritas muslim terbesar di dunia. Tak heran, di negara kita banyak dijumpai masjid-masjid berukuran kecil, maupun masjid-masjid dengan ukuran besar yang dapat menampung hingga ribuan jemaat. Masjid-masjid ini bisa kita temui mulai dari kampung-kampung di pelosok desa hingga ke tengah-tengah kota metropolitan. Namun, apakah kalian mengetahui sebenarnya ada masjid-masjid di Indonesia yang berbentuk unik? Kalau menurut bahasa saya, ini masjid bentuknya "gokil" nih. Mau tau ada masjid apa saja? Cekidot.

1. Masjid "Piramida" UNDIP



Masjid ini dulunya pernah menjadi perbincangan hangat di masyarakat sekitar maupun media massa. Bangunan atap masjid yang didanai oleh IDB dan World Bank ini menyerupai struktur bangunan piramida. Seperti yang kita tahu, piramida sendiri merupakan lambang dari penyembahan terhadap Dewa Matahari (Ra). Dengan empat menara yang tidak begitu tinggi berdiri tegak di setiap sudutnya, bangunan masjid ini dikatakan memiliki kemiripan dengan simbol organisasi pemuja setan seperti Freemasonry.


2. Masjid Agung Kudus


Saya kira semua orang di Indonesia sudah mengetahui keunikan dari masjid yang satu ini. Ya, menara masjid inilah yang membuat bangunan ini terlihat begitu unik. Menara masjid ini dibangun dengan bentuk yang tak biasa, bukan seperti menara masjid kebanyakan, namun lebih menyerupai bentuk dari bangunan keagamaan umat Hindu.

3. Masjid Cheng Ho



Masjid Cheng Ho di Surabaya ini merupakan perpaduan antara budaya muslim dan budaya Tionghoa yang sangat unik. Mungkin jika hanya melihat dari luar masjid sekilas tampak bangunan ini lebih mirip sebuah Klenteng. Bentuk bangunan ini mirip Masjid Niu Jie di Beijing yang berusia lebih dari 100 tahun. Selain di Surabaya, kita dapat menemui Masjid Cheng Ho yang lain di Pasuruan dan Palembang.

4. Masjid Kubah Emas


Dian Al Mahri merupakan salah satu masjid terunik di Indonesia. Masjid ini memiliki satu kubah utama dan beberapa kubah lainnya yang terbuat dari lapisan emas! Arsitektur masjid ini berbeda dengan masjid di Indonesia kebanyakan, dan lebih mirip dengan arsitektur masjid-masjid di Timur Tengah.


5. Masjid Seribu Pintu


Nama resminya adalah Masjid Nurul Yaqin. Masjid ini memiliki keunikan tersendiri dari bentuk bangunan yang tidak lazim, dan memiliki seribu pintu. Maka dari itu masjid ini kerap disebut dengan Masjid Sewu (seribu).

6. Masjid Permen


Masjid An Nurumi adalah sebuah masjid kecil yang terletak diantara jalan Solo-Jogja. Masjid ini dijuluki masjid permen tak lain adalah karena menara dan kubah masjid yang dipoles dengan warna-warna cerah layaknya permen lolipop. Mesjid ini dikenal juga dengan nama Masjid Kremlin.

7. Masjid Taman Sari


Masjid bawah tanah ini terletak di daerah Jogjakarta, tepatnya bawah tanah kompleks Taman Sari Jogjakarta. Terdiri dari 2 bagian, Lantai bawah dipakai untuk jamaah wanita, sedangkan lantai atas untuk jamaah pria.

8. Masjid Cipari


Masjid Cipari atau Masjid A-Syuro merupakan salah satu masjid tertua di Garut, Jawa Barat. Bentuk masjid ini sangatlah unik, pasalnya masjid ini memiliki bentuk bangunan yang lebih mirip dengan sebuah gereja dibandingkan bentuk umum bangunan masjid.


9. Masjid Agung Semarang


Perpaduan budaya jawa yang dianut masjid-masjid tempo dulu terlihat menyatu dengan arsitektur modern pada bangunan masjid ini. Yang membuat menarik, masjid ini memiliki halaman luas dimana terdapat tiang-tiang payung yang dapat membuka menjadi langit-langit atap masjid layaknya Masjid Nabawi di Madinah. (Andy Catur)
.Chez-space.blogspot.com

Sumber berita: http://chez-space.blogspot.com/2012/01/masjid-masjid-paling-gokil-di-indonesia.html

Share artikel ini:

Reaksi:

3 komentar:

  1. keragaman budaya dan arsitektur yang sangat berseni gan yang membuat bangunan masjid terlihat wah dan unik2 :D

    salam blogwalking Alasan Pelangi Melengkung

    BalasHapus
  2. ada lagi di turen malang yg lbh unik... masjid 1001 malam,,

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."