:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::

WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sunday, January 22, 2012

Serangan Virus Shortcut yang Membingungkan


Perjuangan saya untuk meretas virus shortcut yang menghinggap pada memori eksternal handphone saya sampai saat ini ternyata tidak membuahkan hasil. Saya sudah muak dengan kedatangan virus yang "aneh" ini. Bahkan parahnya lagi sekarang handphone saya dalam keadaan error dan tidak bisa atau sulit untuk dihidupkan (saya tidak tahu apakah itu ada hubungannya dengan virus tersebut atau tidak).

Ceritanya bermula dari sini. Saat itu malam tahun baru, saya keluar bersama teman-teman saya untuk melihat pesta kembang api. Saya bilang kepada teman saya, "Eh, laptopmu gowonen sisan. Mengko hapeku mesti mati ki" ("Eh, laptopmu dibawa sekalian. Ntar hapeku pasti mati nih"). Memang sengaja teman saya saya suruh bawa laptop, buat jaga-jaga hp mati, soalnya waktu itu saya gunakan untuk merekam video dengan durasi yang lama. Dan sembari menunggu pesta kembang api dimulai, kami pun menepi mencari tempat yang enak buat nongkrong sambil hotspot-an.

Dan disinilah awal bencana dimulai. Saat itu teman saya sedang sibuk mencari sinyal Wi-Fi, dan saya pun tidak lupa mencharge hape saya dengan laptop tersebut melalui kabel USB. Tidak begitu lama, ternyata teman saya ada niatan ingin membuka data-data pribadi saya. Tapi sayang, saya sudah mengetahui akal tersebut. :D Kemudian saat dia melakukan "klik" pada folder di memori saya, langsung deh saya cabut kabel datanya. Hahahaha.. Benar! Mungkin itulah kesalahan pertama saya, mencabut kabel USB tanpa melakukan eject/safe removable disk. Tapi waktu itu saya tidak ada firasat apapun, langsung deh saya ganti memori hp saya dengan memori kosong yang lain untuk merekam video.

Kami baru pulang kerumah masing-masing setelah adzan shubuh (jangan ditiru), dan begitu sampai di rumah, saya kemudian mengganti memori hp saya dengan yang pertama tadi. Dan saat itu pula terjadi hysteria tingkat dewa pada seluruh syaraf organ tubuh saya. Data-data saya hilang!! Saya langsung saja mengirim SMS pada teman saya tentang kejadian itu, saya bilang ke dia kalau jangan-jangan laptopnya kena semacam virus. Padahal yang ada dipikiran saya waktu itu sangat kemana-mana, "Waduh, nih data-data pada ketancep di laptopnya temenku semua nih kayaknya".

Sebenarnya semua folder itu masih ada ketika saya buka lewat hp, cuma saja dibelakang nama folder tersebut tertulis ".srt". Karena saya adalah orang yang sangat nge-fans berat sama Om Gugel, akhirnya saya cari tuh .srt di Google. Dan ternyata (saya baru tahu) itu adalah virus shortcut. Tapi di informasi tersebut ditulis bahwa selama size/kapasitas memory free tidak berubah, maka data-data saya tidak terhapus alias cuma disembunyikan aja sama tuh virus. Benar saja, ketika saya buka di laptop alhamdulillah data-data saya masih  tetap utuh dan tidak tertancap di laptop teman saya. Namun folder-folder saya menjadi 2, yang satu lagi berupa shortcut. Dan, apabila shortcut itu dihapus maka data-data saya akan ikut terhapus.

Saya mencoba mengcopy data-data asli saya (yang bukan shortcut) ke laptop dan menghapus shortcut beserta data-data dalam memori itu, kemudian saya paste lagi dari laptop ke memori. Ternyata tidak berhasil, masih belum bisa dibaca lewat hp. Saya pun mengikuti tips-tips dari internet untuk menghilangkan virus ini, dan juga tidak membuahkan hasil. Teman saya berkata begini, "Virus shortcut? Gampang, bunuh aja pake antivirus". Saya coba Smadav dan Avast, juga tidak mempan. Satu-satunya cara terakhir hanyalah melakukan format pada memori tersebut, dengan memindahkan terlebih dahulu data-data saya secara aman.

Saya sepertinya harus berpikir seribu kali jika ingin melakukan cara terakhir tersebut. Bisa saja data-data saya seperti MP3, gambar, dan video akan selamat, namun aplikasi dan game-game pada hp saya tidak akan bisa diselamatkan. Saya memakai hp dengan sistem operasi Symbian^3, yang dimana jika saya lihat di komputer pun data-data game dan aplikasi saya tidak akan terlihat. Karena itu juga aplikasi dan game pada hp saya adalah satu-satunya yang tidak terserang virus ini, dan masih bisa dibuka/dimainkan. Di memori saya yang berkapasitas 4GB tersebut, sekitar 2GB lebih berisi game yang saya download dengan susah payah (sumpah), satu game saja memakan memori sampai 200an megabyte. Karena itu saya sangat menyayangkan jika memori ini harus diformat. :(

Bagi siapapun yang tahu cara menangani virus yang satu ini, saya sangat mengharapkan bantuan teman-teman sekalian. Siapa saja, tolong saya melawan virus ini, karena saya hanyalah makhluk amatiran yang tidak bisa berbuat apa-apa jika dihadapkan pada virus semacam ini. Bagi yang berdomisili dekat, pastilah saya kasih reward. Haha.. Bagi yang berdomisili jauh dari saya, semoga kebaikan anda-anda semua dibalas sama yang diatas. :) Amin. (Andy Catur)
.Chez-space.blogspot.com

Sumber berita: http://chez-space.blogspot.com/2012/01/tolong-saya-terkena-virus-shortcut.html

Share artikel ini:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."