:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saturday, January 28, 2012

Mengenal Parkour, Seni Gerak Kecepatan dan Konsentrasi


Mungkin ada yang belum tahu apa itu Parkour? Bila kalian tinggal di kota-kota besar, dan melihat ada beberapa anak muda berlarian dan melompat dengan cepat sambil melewati rintangan seperti pohon, bangunan, ataupun pagar rumah kalian, jangan terburu-buru teriak "tolong, ada maliiiiiing!!". Bisa saja anak-anak itu sedang berlatih Parkour. Parkour adalah sebuah seni gerak berpindah dari satu ke tempat lainnya, dengan efisien, cepat, dan cekatan, sembari melewati rintangan dari yang terkecil sampai yang paling ekstrim semisal gedung pencakar langit.

David Belle

Parkour pertama kali ditemukan oleh David Belle, seorang berkebangsaan Perancis. David banyak terinspirasi dari ayahnya, Raymond Belle yang berprofesi sebagai seorang blogger tentara, yang kemudian bergabung dengan pemadam kebakaran militer. Raymond memperkenalkan sebuah latihan halang rintang (yang kemudian sekarang dikenal dengan nama Parkour) kepada David kecil, sehingga setelah pulang sekolah, David sering melakukan latihan berupa skenario cara melarikan diri dari keadaan tersulit sekalipun. Ya, melarikan diri atau juga disebut sebuah pertahanan diri. Jika Martial Art bisa disebut sebagai sebuah bentuk latihan untuk fight (bertarung), Parkour merupakan suatu bentuk latihan untuk flight (kabur).

Parkour saat ini berkembang luas di beberapa negara, di Indonesia sendiri juga banyak kita temui komunitas Parkour di kota-kota besar seperti Jakarta dan kota-kota lainnya. Parkour sebenarnya adalah suatu bentuk seni yang apik, bukan hanya sebagai pertahanan dari situasi yang tak terduga, namun bukankah dengan melakukan Parkour tersebut secara tidak langsung sama saja dengan kita melakukan olahraga, dan pastinya konsentrasi (biar nggak nabrak). Jadi kesimpulannya Parkour = Seni = Pertahanan Diri = Olahraga = Konsentrasi. Tertarik? (Andy Catur)
.Chez-space.blogspot.com


Sumber berita: http://chez-space.blogspot.com/2012/01/mengenal-parkour-seni-gerak-kecepatan.html


Share artikel ini:

Reactions:

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."