:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Thursday, January 19, 2012

7 Menara Tertinggi di Dunia

Menara adalah bangunan buatan manusia yang kerap digunakan untuk melihat permukaan tanah maupun pemandangan sekitar dari ketinggian tertentu. Menara dibangun dengan struktur memanjang keatas, dengan ketinggian melebihi dari lebar bangunan. Selain berfungsi sebagai view pandang jarak jauh, menara juga kerap dipakai sebagai suatu penanda organisasi maupun sebuah landmark kota. Karena itu, menara sering dibangun dengan bentuk yang khas dan unik.

Tercatat saat ini, manusia lebih menyukai membangun bangunan-bangunan pencakar langit dengan konsep menara. Menara-menara ini semakin bertambah seiring pertumbuhan pembangunan dan kreatifitas yang terus mengalir. Menara tertinggi di dunia bisa berubah-ubah sepanjang waktu. Dulu, Menara Eiffel di Paris pernah dinobatkan sebagai menara tertinggi di dunia. Dan saat ini, rekor tersebut telah diambil alih oleh Menara Burj Khalifa, setelah sebelumnya menara-menara lain sempat mengisi peringkat tersebut. Dan inilah peringkat terbaru menara-menara tertinggi di dunia saat ini.

1. Kingdom Tower (1.000 m)


Kingdom Tower adalah calon bangunan tertinggi di dunia saat ini, mengalahkan tinggi Menara Burj Khalifa. Ketinggian menara ini adalah 1.000 meter, atau sama dengan ketinggian 1 kilometer! Menara yang kini sudah dimulai pembangunannya ini terletak di Kota Jeddah, Arab Saudi, dekat dengan Laut Merah. Arsitektur menara fantastis ini adalah Adrian Smith dan Gordon Gill. Bangunan ini diperkirakan akan menelan biaya US$1,2 miliar (Rp10,1 triliun), dan akan selesai pada tahun 2016 atau 2017. Didalamnya terdapat 59 elevator, termasuk 54 elevator tunggal dan 5 elevator ganda bersama 12 eskalator lainnya. Elevator ini akan melayani kita dengan kecepatan 10 meter per detik.

2. Burj Khalifa Tower (828 m)


Inilah menara tertinggi di dunia saat ini, dan akan menjadi yang ke-2 setelah pembangunan Kingdom Tower mencapai finishnya. Burj khalifa atau Burj Dubai selesai dibangun pada tahun 2008 lalu, bertempat di Kota Dubai, Uni Emirat Arab. Kota Dubai memang sebuah kota yang banyak dihiasi oleh bangunan-bangunan mewah yang megah, menara ini salah satunya. Burj Khalifa terlihat sangat apik dengan pesta kembang api saat acara pembukaan menara ini berlangsung.

3. Canton Tower (600 m)


Menara Canton sebelumnya dikenal dengan nama Menara Guangzhou TV & Sightseeing. Dibangun di dekat daerah Chigang Pagoda, Distrik Haizhu, Guangzhao, China, dan selesai pembangunannya pada tahun 2010. Menjadi menara tertinggi di dunia pada saat itu.

4. CN Tower (553.3 m)


Menara dengan ketinggian 1815 kaki ini menjadi menara tertinggi di dunia sebelum dikalahkan oleh Menara Canton. Menara CN terletak di Kota Toronto, Ontario, Kanada, dan mulai dibangun pada tahun 1973 (selesai 1976). CN sendiri merupakan singkatan resmi dari Canadian National Railway (Kereta Api Nasional Kanada). Perusahaan itu kemudian mencabut investasinya pada menara tersebut, namun warga Kota Toronto ingin nama CN Tower tetap dipakai sehingga singkatan dari CN pun diganti dengan Canada's National.

5. Ostankino Tower (540.1 m)


Menara Ostankino merupakan sebuah menara televisi dan radio yang terletak di Moskwa, Rusia. Pembangunan menara ini dimulai pada tahun 1963, dan selesai pada tahun 1967. Menara Ostankino pernah mengalami kebakaran pada 27 Agustus 2000, dinyatakan tiga orang tewas dalam kejadian ini.

6. Tokyo Sky Tree (539 m)


Tokyo Sky Tree adalah menara siaran yang dibangun di Sumida, Tokyo, Jepang. Menara yang selesai dibangun pada tahun 2010 ini dibuat oleh karena Menara Tokyo setinggi 333 meter tidak cukup tinggi untuk menyiarkan televisi terrestrial digital karena banyaknya pembangunan bangunan tinggi di bagian tengah metropolis.

7. Taipei 101 (509 m)


Dan untuk peringkat terakhir sampai saat ini diduduki oleh Taipei 101. Mengapa dinamakan 101? Tak lain karena gedung ini terdiri dari 101 lantai. Nama resminya adalah Gedung Finansial Internasional Taipei. Menara cantik ini dipersenjatai pertahanan yang canggih, sebuah pendulum seberat 800 ton dipasang di lantai 88, menstabilkan menara ini terhadap goyangan yang timbul dari gempa bumi, angin topan, maupun gaya geser dari angin. Menara ini diresmikan di Kota Taipei pada 31 Desember 2004. (Andy Catur)
.Chez-space.blogspot.com

Sumber berita: http://chez-space.blogspot.com/2012/01/7-menara-tertinggi-di-dunia.html

Share artikel ini:

Reactions:

2 comments:

  1. Ajib, tinggi-tinggi sekali yah, mungkin kah nanti ada yang melibihi lagi ketinggianya?? ;)

    ReplyDelete
  2. Masih ada kayaknya. Selama manusia masih belum lupa cara membuat merana, eh, menara. :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."