:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::

WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Monday, January 16, 2012

7 Keajaiban Alam Indonesia

Indonesia, sebuah negeri yang sangat indah. Membuat banyak orang berdecak kagum, keindahan pantai, kearifan budaya lokal, tak pelak membuat mereka tak henti-henti untuk memujinya. Tidak berlebihan bila saya bilang begitu, bukan karena ini tempat tinggal saya, namun karena pada kenyataannya Indonesia memang lah sebuah negeri yang mengagumkan.

Masih terlintas di ingatan kita beberapa waktu lalu Taman Nasional Komodo terpilih menjadi 7 keajaiban alam dunia melalui lembaga New7Wonders.com. Namun, Komodo hanyalah salah satu dari sekian banyak keajaiban yang ada di Indonesia. Kalau boleh saya membuat sebuah titel yang baru berjudul "7 Keajaiban Alam Indonesia", maka saya akan memberikan 7 tempat di Indonesia yang tak akan ada duanya di seantero dunia.

1. Bali Island


Untuk tempat ini saya rasa semua orang akan setuju bila saya menempatkannya sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Alam Indonesia versi saya sendiri. Bali merupakan sebuah pulau yang eksotis, dan itu memang terbukti setelah saya benar-benar menginjakkan kaki di pulau ini. Pasir pantai putih, ombak laut yang biru, sunset yang menawan, dipadukan dengan budaya dan tradisi masyarakat setempat yang seakan tak lekang ditelan kemajuan jaman. Tak heran bila pulau ini menjadi destinasi wisata masyarakat dunia, dan juga jangan heran bila ternyata nama Bali jauh lebih terkenal dibandingkan nama Indonesia itu sendiri. :)

2. Komodo National Park


Taman Nasional Komodo adalah satu-satunya habitat asli Komodo di dunia. Komodo yang dikenal juga dengan sebutan "The Last Dragon" merupakan jenis kadal yang terbesar yang pernah hidup di muka bumi. Taman Nasional ini terdiri dari Pulau Komodo dan Pulau Rinca, berbeda dengan pulau di indonesia kebanyakan, di kedua pulau ini sangat jarang terlihat pohon-pohon besar yang rimbun dan malah terlihat gersang. Terpilihnya Taman Nasional Komodo sebagai 7 keajaiban alam dunia yang baru adalah sebuah bukti bahwa tempat ini merupakan sesuatu yang menakjubkan dimata dunia.

3. Krakatoa Volcano


Gunung Krakatau pernah meletus dengan letusannya yang sangat dahsyat, suaranya terdengar sampai ke benua Australia, bahkan abunya menyebar begitu jauh hingga ke dataran Amerika. Gunung krakatau adalah gunung yang sangat mematikan, hingga kini pun gunung ini terus membentuk dirinya lebih dan lebih tinggi lagi, yang dijuluki dengan Anak Krakatau, yang tak lain adalah sisa-sisa letusan yang menyembul keluar setelah letusan dahsyat itu terjadi. Kehebatan Gunung kecil ini menjadikan Krakatau/Krakatoa menjadi nama yang tak asing lagi bagi kebanyakan orang.

4. Lake Toba


Terbentuknya Danau Toba tak lepas dari letusan maha dahsyat yang pernah terjadi 74.000 tahun silam. Saat itu pula bumi benar-benar tanpa matahari selama 6 tahun karena tertutup abu dari letusan ini! bisa kalian bayangkan betapa mengerikan hal tersebut? Toba merupakan satu dari 3 letusan Super Volcano terdahsyat sepanjang masa. Saat ini Toba menjelma menjadi sebuah danau yang sangat indah, sisa letusan yang "terlambat" menyembul keluar saat kawah sudah tertutup penuh oleh air hujan sehingga menciptakan pulau ditengah-tengah danau ini yang kemudian diberi nama Pulau Samosir.

5. Borneo Island


Sebenarnya kita mempunyai salah satu penyelamat dunia dari isu Global Warming akhir-akhir ini. Ya, Pulau Kalimantan atau yang dikenal dunia luar dengan nama Borneo adalah salah satu keajaiban alam di Indonesia yang jarang disadari oleh sebagian orang. Pulau ini memiliki banyak hutan topris yang terus menyuplai oksigen untuk kelangsungan makhluk hidup di bumi. Belakangan ini Lonely Planet pun menjadikan Borneo sebagai salah satu tempat tujuan wisata dunia, dengan menonjolkan sisi petualangan dalam hutan yang tak ada duanya di dunia. Sayang, masih saja kita mendengar berita tentang penebangan liar di hutan kalimantan. Bila kita tak berhenti untuk menyelamatkan Borneo, kelangsungan hidup anak cucu kita akan lebih baik dari yang kita alami sekarang.

6. Bunaken National Park


Bunaken merupakan wisata alam bawah laut yang sangat mengagumkan. Kita ketahui, di Indonesia terdapat jenis-jenis ikan terbanyak di dunia, dan juga terumbu karang yang sangat indah. Bunaken inilah salah satunya. Pemerintah sendiri juga mengadakan sebuah agenda acara bernama Sail Bunaken disini, dalam event tersebut dimeriahkan dengan kehadiran berbagai kapal layar dari berbagai negara di penjuru dunia. Mengeksplorasi keindahan alam Bunaken, dan juga menunjukkan biru lautan Indonesia yang membuat dunia terkagum mengarungi laut biru khatulistiwa.

7. Carstensz Pyramid


Pegunungan Jayawijaya merupakan satu-satunya tempat di Indonesia dimana kita bisa menemui salju abadi, yaitu di Puncak Carstensz. Piramida Carstensz merupakan satu dari tujuh puncak dunia dan sangat terkenal dikalangan pemanjat gunung di seluruh dunia. Yang lebih menakjubkan lagi, ternyata puncak ini dulunya pernah berada dibawah laut. Dibuktikan dengan ditemukannya fosil-fosil kerang laut di pegunungan ini. Pergeseran muka bumi dan pembentukan benua Australia menjadi penyebab terbentuknya pegunungan tertinggi di Oceania ini.

Mengagumkan bukan? Saya sendiri pun terharu dengan kekayaan alam negara kita tersebut, sangat indah. Itulah 7 Keajaiban Alam Indonesia menurut versi saya. Apakah kalian pernah mengunjungi ketujuh tempat mengagumkan tersebut? (Andy Catur)
.Chez-space.blogspot.com

Sumber berita: http://chez-space.blogspot.com/2012/01/7-keajaiban-alam-indonesia.html

Share artikel ini:

4 comments:

  1. Sebenarnya bukan cuma 7,tapi sejuta soalnya semua keindahan alam yanga ada di dunia 80% ada di negara kita

    ReplyDelete
  2. indahhhh.... :D
    pengen ngeliat aslinyaaaa...

    ReplyDelete
  3. iya...masih banyaaaaakkk lagi keindahan di Indonesia...
    masalahnya orang Indonesia ga menyadari, justru lebih memilih liburan keluar negeri...

    ReplyDelete
  4. Bunaken nya mugkin sudah bisa diganti dengan kepulauan Raja Ampat, Sorong - Papua.
    Yang lain OK

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."