:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Wednesday, May 16, 2012

Surakarta Masih 2 Angka Diatas Jakarta

sumber gambar: panoramio.com

Sebenarnya saya sudah pernah membahas tentang hal ini sebelumnya. Yaitu tentang terpilihnya Jakarta dan Surakarta dalam nominasi New7Woders Cities di http://www.n7w.com/cities/en. Terakhir kali saya posting di blog ini kala itu Jakarta menempati urutan ke-10, sedangkan Surakarta menempati urutan ke-13. Namun, tadi ketika saya menengok kembali di situs tersebut, kedua kota tersebut terpental jauh dimana Jakarta menempati urutan ke-26, dan Surakarta menempati urutan ke-24, sedang di urutan 25 ditempati oleh Kota Dili, Timor Leste.

Urutan tersebut masih dalam kompleks atau grup South East Asia & Oceania. Pada grup tersebut, urutan tujuh besar kesemuanya dipegang oleh Filipina, hal terbut menggambarkan bahwa sosialisasi New7Wonders Cities disana sangat gencar dilakukan. Ketujuh kota tersebut adalah Vigan, Paranaque City, Cebu City, Davao City, Cagayan de Oro, Bacalod City, dan Iloilo City.

Fase penjurian tujuh kota keajaiban dunia ini dimulai dari tanggal 7 Januari - 7 Maret 2012, dimana terdapat lebih dari 1200 kota dari 220 negara di dunia. Kemudian diseleksi kembali hingga saat ini tercatat 300 kota yang diambil satu kota setiap satu negara dan ditambah 77 kota dengan perolehan voting teratas, dimulai sejak tanggal 7 Maret - 23 November 2012.

Setelah tahap ini selesai pada 23 November 2012 (semoga Jakarta dan Surakarta bisa lolos), jumlah nominasi dikerucutkan kembali menjadi 28 finalis yang diambil dari 77 kota yang menempati voting teratas. Dimulai dari 23 November hingga 6 Desember 2012. Kemudian dimulai dari 7 Desember 2012 hingga 6 Desember 2013, dalam kurun waktu satu tahun tersebut dikerucutkan kembali dari 28 menjadi 21, kemudian 14 melalui tiga tahap penilaian (mungkin akan menggunakan sms lagi).

Dan finalnya pada tanggal 7 Desember 2013 akan diumumkan secara resmi tujuh kota keajaiban dunia yang baru. Sebelumnya Indonesia telah mengantongi gelar tujuh keajaiban alam dunia yang baru dengan Pulau Komodonya, semoga Indonesia masih bisa menunjukkan keajaibannya lagi dalam pemilihan kali ini. Makanya ayo vote Jakarta dan Surakarta di situs resminya diatas, buruan sebelum telat. (Andy Catur)
.Chez-space.blogspot.com

Share artikel ini:

Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."