:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Sunday, May 27, 2012

Kiat Tepat Membentuk Tubuh Atletis

Sumber gambar: asianmalemodels.blogspot.com

Bentuk tubuh manusia pada dasarnya berbeda-beda. Apabila kita ingin membentuk tubuh sedemikian rupa, kita juga harus tahu bahwa bentuk tubuh secara keseluruhan, termasuk distribusi lemak, ketinggian, dan kekerasan otot, tubuh cowok (dan cewek) dibagi ke dalam tiga kategori: Ektomorf, Endomorf, dan Mesomorf. 

Selain memiliki ciri-ciri yang berbeda, yang dengan mudah dapat kita bedakan sendiri kita ada pada kategori yang mana, pembagian kategori tersebut sangat membantu untuk memutuskan diet yang tepat dan makanan apa yang harus dikonsumsi untuk membuat tubuh kita tetap sehat dan bugar.

Ektomorf
 
Ciri-ciri : Memiliki tubuh kurus, tinggi dan ramping dengan struktur tulang kecil serta bahu dan panggul yang lebarnya hampir sama. Metabolismenya tinggi. Artinya, proses kimiawi, pembentukan, penguraian serta pembakaran di dalam tubuh terjadi dengan cepat. Secara umum, tipe ini memiliki daya tahan, kelenturan, dan kelincahan yang baik.
Olahraga yang disarankan : Aerobik dan angkat beban.
Strategi latihan : Kurangi latihan kardio. Pilihlah olahraga atau fitness yang membentuk otot. Lakukan angkat beban dari yang ringan hingga berat, setahap demi setahap. Fokuskan porsi latihan kamu setiap hari untuk satu bagian tubuh saja. Kamu juga perlu lebih banyak berlatih untuk tubuh bagian atas, Sob.
Diet : Perbanyak makanan yang mengandung karbohidrat daripada protein. Sebab, untuk membentuk otot dan menyeimbangkan metabolisme di dalam tubuh, diperlukan asupan karbohidrat yang tinggi.


Endomorf

Ciri-ciri : Biasanya memiliki lemak tubuh yang lebih banyak dibandingkan tipe tubuh lainnya. Padat, berisi, dan berlekuk. Panggul atau pahanya seringkali lebih lebar daripada bahu. Cenderung terserang obesitas (kegemukan) jika nggak dijaga dengan baik.
Olahraga yang disarankan : Jogging, bersepeda, berenang, aerobik, dan angkat beban.
Strategi latihan : Perbanyak latihan kardio, 3 hingga 6 kali seminggu. Lakukan pada kecepatan sedang, jangan terburu-buru. Sempurnakan lekukan tubuh dengan menambahkan lekukan otot. Lakukan latihan beban dari yang ringan hingga yang berat, 3 kali seminggu dengan 2 set latihan per bagian tubuh. Untuk meningkatkan simetri tubuh, kamu juga perlu lebih banyak berlatih untuk tubuh bagian atas, Sob.
Diet : Kurangi makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Jangan pula abaikan kebutuhan protein dan lemak yang baik. Kalau dipersentasikan, asupan makanan yang paling ideal buatmu adalah 40% karbohidrat, 40% protein, serta 20% lemak.

Mesomorf

Ciri-ciri : Ini tipe yang metabolismenya paling bagus. Biasanya mempunyai tulang yang besar dan mudah membentuk otot. Bahunya lebih lebar daripada panggul. Sering kali otot-otot di tubuhnya sudah terbentuk secara alami. Lengan dan tungkai juga tampak berotot dengan sedikit timbunan lemak yang tidak berbahaya.
Olahraga yang disarankan : Angkat besi, tenis, selancar, silat, aerobik, jogging, berenang.
Strategi latihan : Lakukan latihan beban yang ringan dan berat mulai dari 2 hingga 3 kali seminggu untuk membantu pembentukan lekukan (bukan menambah ukuran otot). Kamu juga bisa mencoba circuit training (melatih bagian tubuh satu per satu lalu berpindah dari satu latihan ke latihan lain) karena bisa menambahkan kekuatan dan staminamu.
Diet : Sekitar 60% asupan karbohidrat cukup bagi kamu, sedangkan protein harus sesuai standar rumus 1,5 gr x berat badan. Sisanya, konsumsilah lemak yang baik. - Chez-space.blogspot.com

Share artikel ini:

Reactions:

2 comments:

  1. aku masuk yang mana ya?hahaha
    wah informasi yang bermanfaat banget,

    www.serbucyber.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. salam kenal, saya lagi butuh nih info atletis begini.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."