:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Wednesday, April 4, 2012

Coelacanth, Ikan Purba yang Masih Hidup Sampai Sekarang


Ceolacanth atau ada juga yang menyebutnya ikan raja laut adalah spesies purba yang pernah diyakini telah punah hingga ditemukan kembali di perairan Manado, Sulawesi. Penemuan itu berhasil diabadikan dalam rekaman video dan menunjukkan bahwa ikan purba ini masih hidup sampai sekarang di kedalaman laut Indonesia. Dalam rekaman video tersebut terdapat seekor coelacanth sepanjang 31,5 cm berwarna biru dengan bintik putih. Ia tampak sedang berenang lamban di sekitar bebatuan karang di dasar laut selama 20 menit.

Meskipun kecil, untuk ikan monster seperti coalacanth, ukuran 30 cm itu sama dengan anakan ikan yang baru lahir. Bisa dibayangkan seberapa besar ikan tersebut saat mencapai dewasa. Nama ikan ini pertama kali saya ketahui ketika saya membaca sebuah buku tentang hewan-hewan paling mengagumkan di dunia. Disitu tertulis ceolacanth merupakan hewan purba yang sebenarnya pernah dianggap punah. Hewan ini mengalami sedikit perubahan bentuk tubuh dari masa prasejarah.

Meskipun akhirnya ditemukan lagi oleh peneliti dan ahli kelautan Jepang di perairan Indonesia, namun coelacanth pertama kali didapat di perairan selatan Afrika pada 1938. Dari sana kita bisa menarik kesimpulan penting, mungkin masih banyak lagi spesies-spesies purba maupun yang belum pernah ditemukan terdapat di perairan Indonesia ini. - Chez-space.blogspot.com

Share artikel ini:

Reactions:

2 comments:

  1. Lucu juga.:D Kalau nenek moyangnya mungkin ukurannya lebih gedhe kali ya?

    ReplyDelete
  2. wah....saat ini ada ikan seperti ini gak ya?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."