:::::: Welcome :: Selamat Datang :: Sugeng Rawuh :: いらっしゃい :::::::
WELCOME TO CHEZ-SPACE.BLOGSPOT.COM | SELAMAT DATANG | JANGAN LUPA FOLLOW YAH | DITUNGGU KOMENTARNYA | THANK YOU
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Saturday, March 10, 2012

Konsep Kota dalam Hutan, Kenapa Tidak?


Yang saya maksud disini bukanlah kota yang dibangun di dalam hutan, dan menyebabkan kepanikan massal fauna yang ada didalamnya. Melainkan konsep sebuah kota yang hijau, dengan membiarkan beberapa pohon besar dan tumbuhan lainnya bersatu dengan pembangunan infrastruktur kota tersebut. Bisa dimulai dari City in the Garden, City in the Park, dan kemudian City in the Jungle.

City in the Garden bisa dimulai dari setiap rumah dan merupakan cara yang paling mudah. Bisa dengan menanam beberapa tanaman hias di halaman rumah, membuat taman kecil dibelakang rumah, atau menyediakan beberapa pot berisi tanaman kesukaan kita. Selain menyalurkan hobi, tentu hal ini akan berdampak baik bagi kesegaran udara disekitar rumah. Kemudian City in the Park, seluruh komponen masyarakat kota harus bersatu disini, menciptakan lingkungan kota yang sejuk dan rindang, yang nyaman ditempati oleh semua orang. Mulai dari sekolah, universitas, maupun tempat-tempat umum lainnya diberi sebuah taman hijau yang sekaligus dapat mempercantik tampilan tempat tersebut.

Yang terakhir, City in the Jungle. Kesadaran masyarakat umum harus benar-benar ada disini. Selain nuansa kota yang akan berubah layaknya hutan dengan beberapa tumbuhan besar di sepanjang jalanan kota, para penghuni kota tersebut haruslah sadar akan dampak lingkungan dari pemakaian kendaraan bermotor dan polusi kawasan industri. City in the Jungle merupakan tahapan yang paling sulit, tanpa kesadaran dari semua elemen masyarakat, hal ini tidak akan pernah terwujud.

Manfaatnya?

Tentu saja kita tahu, sekarang ini bumi sudah semakin kehilangan sebagian dari paru-paru dunia karena penebangan hutan sembarangan yang kerap terjadi. Manusia hidup berkat oksigen, jangan buang oksigen, tapi ciptakan oksigen lebih banyak. Setidaknya, jika semua kota menerapkan konsep ini, saya yakin kondisi bumi yang kita tempati akan jauh lebih baik dari sekarang. (Andy Catur)
Chez-space.blogspot.com

Sumber berita : http://chez-space.blogspot.com/2012/03/konsep-kota-dalam-hutan-kenapa-tidak.html

Share artikel ini :

Reactions:

4 comments:

  1. Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. akan sangat bagus sekali jika dilaksanakan di Indonesia...bukan malah hutan-hutan digunduli...

    ReplyDelete
  3. Sebenarnya terbalik kalau menyebut istilah City of the Jungle. Tapi mungkin lebih tepatnya adalah Jungle in The City atau Hutan Dalam Kota. Aku setuju konsep ini, akan lebih baik lagi jika yang difokuskan adalah pepohonan atau tanaman yang efektif mengatasi pemanasan global, spt Mahoni, Trembesi, Bungur, Kemiri, Sansiviera dsb shg ada efeknya bg kebersihan udara jg.

    Salam

    ReplyDelete
  4. Kalau di tempat saya mah, biasa mas hutan dalam kota, bahkan saya bisa dikatakan tinggal di hutan.hehe

    kunjungi dan komentar juga ya di blog ane... salam persahabatan

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
"Pembaca yang baik akan meninggalkan komentar dengan nama, bukan hanya "Anonim". Terima Kasih."